Connect with us

Kotim

Dispar Kotim Gagas Pembuatan Buku Sejarah Kerajaan Sampit

IST Dispar Kotim, gudang dan cerobong sisa peninggalan kejayaan usaha perkayuan di Kabupaten Kotim.

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Pasca digelarnya haul raja bungsu yang dipercaya sebagai pendiri kerajaan Sampit beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kotim berencana membuat buku tentang sejarah kerajaan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kotim, Farjurrahman melalui Kasi Sejarah Sudarso mengungkapkan, temuan situs kerajaan Sampit di desa Bagendang Permai, kecamatan Mentaya Hilir Selatan beberapa waktu yang lalu merupakan bukti pentingnya menggali sejarah kerajaan di daerah ini sebagai salah satu potensi wisata.

“Situs kerajaan Sampit merupakan aset wisata yang ingin kita kembangkan ke depannya, salah satu wacana kita adalah dengan membuat buku tentang sejarah kerajaan sungai Sampit,” katanya Selasa (6/3/2018).

Hal itu bermanfaat akan menambah wawasan masyarakat akan cerita seputar kerajaan yang hilang tersebut. “Informasinya orang-orang terdahulu yang mengetahui cerita sejarahnya masih hidup, dari mereka kita akan gali data sejarahnya guna penulisan buku,”ujar Sudarso

Dengan adanya buku tersebut lanjut dia, diharapkan akan menunjang potensi wisata kerajaan Sungai Sampit yang selama ini cukup melegenda, hanya saja belum diketahui secara luas karena terbatasnya literatur mengenai hal itu. “Ada memang satu dua buku terkait hal itu, tapi kita rencananya ingin membuat lebih detil,” tambahnya. (FR)

Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement