Connect with us

Kobar

Tujuh Komplotan Bandar dan Kurir Sabu Dibekuk Polisi, Barbuk 13,17 Gram Diamankan

Ketujuh tersangka saat tertunduk malu ketika diperlihatkan saat press release di Mapolres Kobar Selasa (6/3/2018).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Polisi Resor (Polres) Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil menggulung tujuh komplotan pelaku pengedar narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) jenis sabu. Ketujuh pelaku tersebut bernama Tarmudi alias Buwono, Dian Nur, Jaja Imam Mustaqim, Oky Junedyfians, Mardoyo, Ahmad Ridwan, dan Oni Prasetyo, diringkus dihari berbeda sepekan terakhir. Dari tangan ketujuh tersangka ini diamankan barang bukti (barbuk) seberat total 13,17 gram dan 2 pil ektasi.

Wakapolres Kobar Kompol Dhovan Oktavian dan Kasatres Narkoba AKP Kristanto Situmeang memperlihatkan barbuk sabu saat press release di Mapolres Kobar.

Wakapolres Kobar Kompol Dhovan Oktavian mengatakan, penangkapan terhadap ketujuh pelaku ini berawal dari informasi masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya, bahwa di sebuah barakan di Jalan Tijilik Riwut 2 Kelurahan Madurejo Kecamatan Arut Selatan (Arsel), diduga telah menjadi tempat pengedaran narkoba jenis sabu.

Menindaklanjuti informasi ini, anggota Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kobar langsung melakukan penyelidikan terhadap barakan tersebut, kemudian menangkap tiga orang pelaku yakni Tarmudi alias Buwono, Dian Nur dan Jaja yang berada di dalamnya, pada Sabtu (3/3/2018) sore sekitar pukul 16.00 Wib.

“Saat ditangkap di barakan ini, tidak ditemukan barang bukti. Setelah itu anggota mengecek HP tersangka Jaja. Disitu anggtota menemukan ada komunikasi antara Jaja dengan Oky yang saat itu sedang dalam perjalanan dari Pontianak Kalbar membawa sabu seberat 9,44 gram melalui jalur Jalan Trans Kalimantan ke Kobar,”ujar Dhovan. 

 Berbekal informasi ini lanjut dia, anggota Satreskoba Polres Kobar melakukan pengembangan dengan mencegat bus yang ditumpangi Oky dari Pontianak di ruas Jalan Trans Kalimantan tepatnya di Desa Sulung Kecamatan Arsel pada hari yang sama sekitar pukul 22.00 Wib. Saat digeledah ditemukan barbuk sabu seberat 9,44 gram dan dua pil ektasi. Saat itu juga tersangka langsung diamankan bersama barbuk ke Mapolres Kobar.

“Dari empat tersangka ini, otak atau bandarnya Tarmudi alias Buwono, ia ini target operasi (TO) anggota kita. Sedangkan kurirnya tiga orang lainnya. Barang tersebut dipasok dari Kalbar,”papar Dhovan.

Ia menjelaskan, setelah menangkap keempat pelaku ini, anggota kemudian melakukan pengembangan dengan meringkus tiga pelaku lainnya. Yakni Mardoyo, Ahmad Ridwan, dan Oni Prasetyo.

“Dari semua tersangka ini kita amankan total 13,17 gram sabu. Akibat ulahnya para pelaku dijerat pasal berbeda sesuai dengan perannya masing-masing. Yakni dikenakan pasal 114 ayat 1 dan 112 ayat 1 serta 132 ayat 1 Undang-Undang Narkotika No 35 Tahun 2009, dengan ancamana hukuman 4-6 tahun penjara,”tandas Dhovan. (HM)
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement