Home / Seruyan

Kamis, 8 Februari 2018 - 19:43 WIB

PDAM Buka Program Sambungan Murah Bagi Masyarakat

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan,memprogramkan pemasangan sambungan murah bagi masyarakat di wilayah tersebut.

“Kalau biasanya dikenakan biaya Rp1.045.000, namun sekarang cukup Rp250 ribu sudah bisa dilakukan pemasangan baru,” kata Direktur PDAM Tirta Dharma Kuala Pembuang Sutrisman di Kuala Pembuang, Kamis (8/2/2018).

Ia mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan 600 sambungan murah. Namun khusus untuk masyarakat yang berada di wilayah jangkauan pelayanan PDAM, yakni sekitar Kota Kuala Pembuang atau Kecamatan Seruyan Hilir.

“Sudah ada terkumpul 550 sambungan, jadi masih tersisa 50 sambungan lagi,”ujarnya.

Baca Juga :  Tiga Belas CJH Seruyan Bertolak ke Tanah Suci

Ia menjelaskan, program tersebut bertujuan memaksimalkan kapasitas tidak terpakai atau ‘idle capacity’ yang jumlahnya masih cukup besar.

Saat ini, kapasitas produksi air kita 45 liter per detik dengan idle capacity 10 liter per detik, dan idealnya dengan produksi tersebut PDAM bisa melayani hingga empat ribu pelanggan.

“Jumlah pelanggan kita sekarang ada 3.015 sambungan, jadi kapasitas tidak terpakai masih banyak. Jadi target kita untuk 2018 menghabiskan kapasitas yang tidak terpakai itu agar kita bisa membangun lagi,”paparnya.

Ia menambahkan, selain untuk memaksimalkan penggunaan kapasitas tidak terpakai, program sambungan murah juga untuk mendorong peningkatan pelanggan dengan harapan pendapatan PDAM juga dapat meningkat. “Pendapatan kita masih Rp1 miliar lebih per tahun, dan ini memang harus ditingkatkan,”bebernya.

Menurutnya, dengan pendapatan hanya Rp1 miliar lebih per tahun, PDAM Kuala Pembuang akan masih sangat bergantung dari dana penyertaan modal yang diberikan pemerintah daerah. Sementara penyertaan modal sebesar Rp10 miliar selama lima tahun yang diberikan pemerintah daerah akan berakhir pada 2018 ini.

“Jadi pendapatan PDAM harus ditingkatkan agar PDAM bisa mandiri. Walaupun nanti kita masih perlu penyertaan modal. Tapi bukan untuk operasional, tapi untuk pengembangan pelayanan,”tandasnya. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Kinerja Tak Maksimal, Pemkab Ancam Putus Kontrak Tenaga Honor

Seruyan

300 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkada Seruyan

Seruyan

Kreatif! Sepi Melaut, Nelayan Sungai Undang Buat Usaha Miniatur Kapal

Seruyan

MIRIS!! Empat Tahun Warga Seruyan Ini Tinggal di Gubuk Bekas Kandang Ayam

Seruyan

Polres Seruyan Bongkar Illegal Loging di Seruyan Hulu, 96 Kubik Kayu Ulin Disita

Seruyan

Dewan Dukung Aparat Kepolisian Terapkan Permenkes No.7/2018

Seruyan

Laka Tunggal, Mobil Dishub Kalteng Nyungsep ke Parit

Seruyan

Dewan Minta Aparatur Desa Jauhi Pungli
error: Content is protected !!