Home / Seruyan

Kamis, 8 Februari 2018 - 19:43 WIB

PDAM Buka Program Sambungan Murah Bagi Masyarakat

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan,memprogramkan pemasangan sambungan murah bagi masyarakat di wilayah tersebut.

“Kalau biasanya dikenakan biaya Rp1.045.000, namun sekarang cukup Rp250 ribu sudah bisa dilakukan pemasangan baru,” kata Direktur PDAM Tirta Dharma Kuala Pembuang Sutrisman di Kuala Pembuang, Kamis (8/2/2018).

Ia mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan 600 sambungan murah. Namun khusus untuk masyarakat yang berada di wilayah jangkauan pelayanan PDAM, yakni sekitar Kota Kuala Pembuang atau Kecamatan Seruyan Hilir.

“Sudah ada terkumpul 550 sambungan, jadi masih tersisa 50 sambungan lagi,”ujarnya.

Baca Juga :  Dianggap Perdata,Pelaku Investasi Bodong Bisa Lolos dari Pidana

Ia menjelaskan, program tersebut bertujuan memaksimalkan kapasitas tidak terpakai atau ‘idle capacity’ yang jumlahnya masih cukup besar.

Saat ini, kapasitas produksi air kita 45 liter per detik dengan idle capacity 10 liter per detik, dan idealnya dengan produksi tersebut PDAM bisa melayani hingga empat ribu pelanggan.

“Jumlah pelanggan kita sekarang ada 3.015 sambungan, jadi kapasitas tidak terpakai masih banyak. Jadi target kita untuk 2018 menghabiskan kapasitas yang tidak terpakai itu agar kita bisa membangun lagi,”paparnya.

Ia menambahkan, selain untuk memaksimalkan penggunaan kapasitas tidak terpakai, program sambungan murah juga untuk mendorong peningkatan pelanggan dengan harapan pendapatan PDAM juga dapat meningkat. “Pendapatan kita masih Rp1 miliar lebih per tahun, dan ini memang harus ditingkatkan,”bebernya.

Menurutnya, dengan pendapatan hanya Rp1 miliar lebih per tahun, PDAM Kuala Pembuang akan masih sangat bergantung dari dana penyertaan modal yang diberikan pemerintah daerah. Sementara penyertaan modal sebesar Rp10 miliar selama lima tahun yang diberikan pemerintah daerah akan berakhir pada 2018 ini.

“Jadi pendapatan PDAM harus ditingkatkan agar PDAM bisa mandiri. Walaupun nanti kita masih perlu penyertaan modal. Tapi bukan untuk operasional, tapi untuk pengembangan pelayanan,”tandasnya. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Kasus Belum Terungkap, Warga Hanau Was-Was Melewati Jalan Kebun Sawit

Seruyan

Bupati Seruyan Tinjau Pelaksanaan Tes CPNS

Seruyan

Bupati Harapkan Petani Seruyan Berinovasi

Seruyan

Pjs Bupati Tegaskan PNS Netral di Pilkada

Seruyan

Wujud Perhatian, Pemkab Seruyan Gelar Lomba Lansia Tingkat Kabupaten

Daerah

Masyarakat Desa Telaga Pulang Usulkan Bantuan Keramba Ikan

Seruyan

Tiga Warga Kalang Tewas Usai Menghirup Gas Beracun

Seruyan

Ambruk, Jalan Trans Kalteng di Desa Asam Baru Putus