Terhimpit Ekonomi, Buruh Bangunan Nekat Mencuri Burung di Pemukiman Padat Penduduk

PANGKALAN BUN, Kaltengeksperes.com – Seorang buruh bangunan berinisial AB,diamankan anggota Polres Kobar, lantaran tertangkap basah mencuri burung dipemukiman padat penduduk milik AF, warga Gang Sesepat, Kelurahan Baru, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar),Selasa (24/10/2017), sekitar pukul 10.30 WIB.

Kapolres Kobar AKBP Pria Premos melalui Kasat Reskrim AKP Tri Wibowo ketika dikonfirmasi seusai kejadian membenarkan, adanya kejadian tersebut.

Menurut dia, pencurian burung itu tidak dilanjutkan ke proses hukum setelah dilakukan mediasi antara korban dan pelaku di Polres Kobar.

“Pihak korban tidak melakukan penuntutan dan memaafkan aksi AF. Yang penting burung peliharaan saya sudah kembali pak,”ujar Tri menirukan ucapan korban.

Tri menjelaskan, tidak dilanjutkannya kasus itu ke ranah hukum karena ada Perma yang mengatur bahwa kerugian di bawah 2,5 juta masuk ke ranah tipiring. Selain itu, pelaku juga tidak memiliki catatan pelanggaran hukum (residivis).

Kepada pihak kepolisian, lanjut dia, pelaku mengaku akan menjual burung berikut dengan sangkarnya dengan harga 600 ribu karena terdesak kebutuhan ekonomi. Meski tidak dilanjutkan ke proses hukum, pihak Polres Kobar tetap mengamankan pelaku di Polres guna memberikan efek jera.

“Tetap kita amankan di sini (Polres Kobar) biar ada efek jera sehingga ke depan diharapkan tidak mengulangi perbuatannya,”terang Tri.

Adapun kronologisnya, Tri menerangkan aksi pelaku diketahui oleh salah seorang tetangga korban, SU. Kala itu SU merasa curiga dengan pelaku karena mondar-mandir menggunakan sepeda motor di depan rumah korban. Akhirnya pelaku berhenti di dekat rumah korban. Ia berjalan menuju ke sangkar burung dan mengambilnya.

“Saat pelaku menurunkan sangkar burung, SU langsung meneriaki si pelaku,”ujarnya.

Karena aksinya ketahuan, tambah Tri, AB meletakan sangkar burung di teras dan berlari menuju sepeda motor untuk kabur.Pelaku sempat menyalakan sepeda motor namun upayanya berhasil digagalkan oleh SU.(Ghy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here