Edar Narkoba, Petani dan IRT di Pundu Ini Diringkus Polisi

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Tim Cobra Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Kotim, meringkus dua orang pelaku pengedar dan kurir Narkoba jenis sabu. Kali ini pelakunya seorang petani bernama Sukaini (49), dan Ibu Rumah Tangga (IRT) Ani (30).

Kasatnarkoba AKP Yonals saat menunjukan TKP tempat dibuangnya Barbuk sabu oleh kurir Ani disemak semak Kamis (5/10)

Dua pelaku ini diringkus karena kedapatan sedang beraksi menjual barang haram tersebut di Jalan Nahan Belawan 7 Rt 8  Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotim, sekitar Pukul 11.00 Wib, pada Senin (4/10/2017). Dari kedua tersangka, aparat berhasil mengamankan barang bukti (Barbuk) delapan paket sabu seberat 13 gram.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, penangkapan ini berawal saat Tim Cobra Satreskoba Polres Kotim menerima informasi dari masyarakat, jika dua pelaku ini menjadi pengedar dan kurir Narkoba jenis sabu. Menindaklanjuti informasi tersebut, anggota langsung melakukan penyelidikan di rumah pelaku Ani.

Ketika dilakukan pengintaian, pelaku ini berangkat dari rumahnya mengendarai sepeda motor Mio warna hitam dengan Nopol DA6560 CR, sendirian menuju tempat temannya. Setelah sampai dirumah temannya kemudian masuk sesaat, tidak lama pelaku ini kemudian keluar dan Iangsung meninggalkan rumah dengan menggunakan sepeda motor tersebut.

Saat itu juga Tim Cobra Satresnarkoba yang mengetahui pelaku meninggalkan rumah mencoba menghentikan pelaku.

“Pelaku yang mengetahui kehadiran anggota Satresnarkoba Polres Kotim langsung berusaha melarikan diri, namun berhasil dihentikan dengan cara dihadang oleh anggota didepannya menggunakan mobil,”ungkap Kasat Narkoba Polres Kotim AKP Yonals Nata Putera, Kamis (5/10/2017).

Yonals menjelaskan, pada saat hendak ditangkap pelaku ini sempat membuang sesuatu ke arah semak-semak yang ada dipinggir jalan. Setelah dilakukan penggeledahan, kemudian dicari disemak-semak tersebut ditemukan bungkusan plastik yang berisi kristal warna putih di duga Narkotika jenis sabu.

“Dari tangan pelaku ini kita mengamankan barang bukti yakni uang sebesar 100 ribu rupiah, Handpone, dan sepeda motor Jenis Mio dan Narkoba jenis sabu seberat 0,30 gram,”papar Yonals.

Setelah dilakukan pengembangan lanjut Yonals, tersangka ini kemudian bernyanyi, jika barang haram tersebut diperolehnya dari Sukaini. Sedangkan dirinya hanya pesuruh. Anggota kemudian bergerak cepat untuk meringkus bandar Narkoba yang sehari-harinya dikenal sebagai petani karet ini dirumahnya.

Dari rumah bandar ini anggota kemudian mengamankan Barbuk Narkoba jenis sabu lainnya. Sehingga total dari kedua tersangka ini diamankan delapan paket sabu seberat 13 gram.

“Saat itu juga kedua pelaku ini kita gelandang ke Mapolres Kotim untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,”tandas Yonals.

Akibat ulahnya ini, kedua pelaku di kenakan Pasal 114 ayat (1) dan pasal 112 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan penjara maksimal 5-10 tahun. (Ian/Arh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here