88 Peserta Lolos Seleksi Panwascam Mura

PURUK CAHU, Kaltengekspres.com – Tahapan seleksi calon panitia pengawas kecamatan(Panwascam) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), ramai diikuti peserta. Dari 90 orang yang mendaftar, 88 diantaranya lolos seleksi, dan berhak mengikuti tahapan test tertulis serta wawancara, Minggu(8/10) bertempat di Aula Balai Rung Abdi Praja, kantor Kecamatan Murung.

Para peserta test yang berasal dari 10 kecamatan tersebut, merupakan hasil seleksi tahap awal yaitu seleksi berkas, yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Dari hasil test tertulis dan wawancara ini akan menyisakan sebanyak 30 orang atau masing-masing tiga orang Panwascam untuk setiap kecamatan. Dalam seleksi tahap akhir nantinya, para komisioner Panwaslukab mencecar peserta dengan sejumlah pertanyaan.

“Para calon ini dicecar banyak pertanyaan, seputar pengetahuannya tentang regulasi dari UU Pemilhan Umum (Pemilu). Banyak juga yang tidak bisa menjawab, padahal tes tertulis dan wawancara ini menjadi salah satu penentu bagi para calon untuk lolos dan dilantik menjadi Panwascam,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Rudi Hartono SE.

Pihaknya  terang Rudi, sudah berkoordinasi dengan pihak Bawaslu Provinsi untuk tes wawancara hari ini diprioritaskan kepada kecamatan-kecamatan yang jarak tempuhnya sangat jauh dan biaya perjalanan yang cukup tinggi.

“Yang kami dahulukan ini menyangkut masalah pendanaan, karena yang dari kecamatan Seribu Riam dan Uut Murung jarak tempuhnya sangat jauh jadi kami minta rekomendasi kepada pihak Bawaslu Provinsi untuk melakukan test wawancara langsung hari ini juga. Namun sebelumnya harus lulus dahulu tes tertulis,” tegasnya.

Dia juga berharap nantinya para calon Panwascam yang terpilih berdasarkan hasil nilai test tertulis kemudian test wawancara yang nantinya dilantik dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik pada Pilkada Mura 2018 mendatang.

Baca Juga :  Permudah Pelayanan Perizinan, DPMPTA Barsel Siap Launcing Layanan Si Cantik

“Berdasarkan peraturan tugas, wewenang, dan kewajiban pengawas pemilu berdasarkan amanat Undang-Undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu adalah mengawasi penyelenggara pemilu dalam rangka mencegah dan penindakan pelanggaran untuk terwujudnya pemilu yang demokratis. Untuk pengumuman hasil tes wawancara ini nantinya kami jadwalkan tanggal 17 Oktober 2017,” imbuhnya.(deni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here