Home / Seruyan

Senin, 18 September 2017 - 13:21 WIB

Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Danau Seluluk Mulai Keruh

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Warga yang tinggal di sekitar kawasan Danau Seluluk Desa Derangga Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan, mengeluh dengan kondisi danau setempat. Pasalnya, beberapa hari terakhir, destinasi wisata ini mulai tercemar limbah yang diduga berasal dari salah satu pabrik perusahaan yang beroperasi daerah setempat.
Salah seorang warga Desa Derangga Ali Badrun mengatakan, danau tersebut sebelumnya sangat jernih sampai bawah airnya pun bisa kelihatan, tapi sekarang sudah keruh. Bahkan, kedalamannya juga berkurang.

Ia menjelaskan, faktor penyebab keruhnya air Danau Seluluk diduga disebabkan tercemar limbah pabrik perusahaan yang beroperasi di daerah sekitar.

Baca Juga :  Aksi Penjambretan di Jalan Rajawali Digagalkan Warga
“Dari muara sungai sampai ke hulu itu cuma ada pabrik milik PT Sinarmas saja. Kita belum berani memastikan apakah limbah itu berasal dari pabrik itu atau bukan. Yang jelas saat ini kondisi air sungai sudah tercemar,” terangnya baru-baru ini kepada Kaltengekspres.com.

Selain itu ia juga menyebut penyebab lainnya air sungai setempat tercemar karena pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali, sehingga sungai menjadi kotor dan perlahan mulai dangkal.

“Mulai kotor nya dari tahun 2008 ditutupi eceng gondok sehingga yang dulu kedalamannya 6 meter sekarang jadi 3 meter dan pengaruh juga kepada ikan,”bebernya. (VS)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Dewan Harapkan Festival Gawi Hatantiring Jadi Ajang Promosi Budaya dan Wisata

Seruyan

Pjs Bupati Gagas Sungai Bakau Jadi Desa Wisata

Seruyan

Pemkab Seruyan Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa Lahan

Seruyan

Kakek Bejat Cabuli Anak Gadis Berusia 8 Tahun

Seruyan

Tim Gabungan Bubar Paksa Masa Pengacau Pilkada Seruyan

Seruyan

Enam Kecamatan di Seruyan Kembangkan Bawang Merah

Seruyan

Pantau Pengamanan Natal, Kapolres Tinjau Sejumlah Gereja

Seruyan

Kunjungi Korban Kebakaran, Sudarsono Berikan Bantuan Sembako
error: Content is protected !!