Home / Seruyan

Senin, 18 September 2017 - 13:21 WIB

Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Danau Seluluk Mulai Keruh

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Warga yang tinggal di sekitar kawasan Danau Seluluk Desa Derangga Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan, mengeluh dengan kondisi danau setempat. Pasalnya, beberapa hari terakhir, destinasi wisata ini mulai tercemar limbah yang diduga berasal dari salah satu pabrik perusahaan yang beroperasi daerah setempat.
Salah seorang warga Desa Derangga Ali Badrun mengatakan, danau tersebut sebelumnya sangat jernih sampai bawah airnya pun bisa kelihatan, tapi sekarang sudah keruh. Bahkan, kedalamannya juga berkurang.

Ia menjelaskan, faktor penyebab keruhnya air Danau Seluluk diduga disebabkan tercemar limbah pabrik perusahaan yang beroperasi di daerah sekitar.

Baca Juga :  Hendak Setrum Ikan, Warga Palingkau Tewas Tersengat Listrik
“Dari muara sungai sampai ke hulu itu cuma ada pabrik milik PT Sinarmas saja. Kita belum berani memastikan apakah limbah itu berasal dari pabrik itu atau bukan. Yang jelas saat ini kondisi air sungai sudah tercemar,” terangnya baru-baru ini kepada Kaltengekspres.com.

Selain itu ia juga menyebut penyebab lainnya air sungai setempat tercemar karena pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali, sehingga sungai menjadi kotor dan perlahan mulai dangkal.

“Mulai kotor nya dari tahun 2008 ditutupi eceng gondok sehingga yang dulu kedalamannya 6 meter sekarang jadi 3 meter dan pengaruh juga kepada ikan,”bebernya. (VS)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Kasus Belum Terungkap, Warga Hanau Was-Was Melewati Jalan Kebun Sawit

Seruyan

Edar 19 Paket Sabu dan Zenith di Pedalaman, Warga Tanjung Rangas Dibekuk Polisi

Seruyan

Polres Seruyan Tangkap Distributor BBM Illegal

Seruyan

Sebelas ASN Seruyan Bakal Diberhentikan Tidak Hormat

Seruyan

Raih WTP, Sekda Tetap Benahi Laporan Keuangan Seruyan

Seruyan

Tutup TMMD, Danrem Pesankan Masyarakat Pelihara Fasilitas yang Dibangun

Seruyan

Bupati Seruyan Lantik 30 Pejabat Struktural

Seruyan

Perluas Lahan Pertanian, DKPP Harapkan Eksavator Provinsi Dipinjam ke Seruyan
error: Content is protected !!