Home / Budaya/Wisata / Kotim

Selasa, 19 September 2017 - 17:01 WIB

Begini Ritual Warga Hindu Kaharingan di Pedalaman Kotim

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Desa Sungai Hanya, Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotim Kalteng, Minggu (17/9/2017), mendadak ramai. Itu sering dengan diadakannya pesta ritual adat Hindu Kaharingan yang dilaksanakan warga setempat. Ritual adat yang disebut pesta kematian dengan membakar mayat ini, disaksikan puluhan warga setempat.
 “Di terik matahari dan dan panas-panas saya masih bersemangat karna ingin menyaksikan proses pembakaran mayat(ngaben). Karena itu saya rela jalan kaki masuk hutan kurang lebih 3 Km demi ini,”ujar Reski Fuazi seorang bidan yang datang menyaksikan ritual adat tersebut.

Sementara itu menurut warga desa setempat, ritual adat ini merupakan upacara pembakaran mayat, salah satu ritual masyakat penganut agama Hindu Keharingan yang masih dipercaya masyarakat setempat. Ritual itu dilaksanakan setiap ada warga Hindu Karingan yang meninggal.

“Jika ada yang meninggal disini, maka proses ritial langsung dilaksanakan mulai dari proses babukung ,peroses babukung di laksanakan sebelum mayat di hantarkan keperoses pembakaran(ngaben),”ungkap Yondi salah seorang warga desa setempat.

Menurutnya, masyarakat setempat percaya ritual ini adalah peroses menghantarkan arwah menuju surga. Sehingga saat dibakar arwah langsung tenang berada di surga. (Ndi)

Share :

Baca Juga

Kotim

Warga Tiga Desa Tuntut BPN Kotim Keluarkan Sertifikat Tanah Masyarakat

Kotim

Pengusaha Muda Desa Patai Sumbang APD ke Puskesmas Cempaga

Kotim

12 Jam Tenggelam, Nelayan Muda Ujung Pandaran Ditemukan Tewas

Kotim

Lagi, Dua Pengedar Sabu Baamang Tengah Diringkus Polisi

Kotim

Cuaca Tak Halangi Sinergitas Satgas TMMD bersama Masyarakat Untuk Bekerja

Kotim

Prasasti TMMD Jadi Simbol Untuk Kenangan

Kotim

Duh!! Hanya Karena Diputus Pacar, Siswa di Kotim Nekat Palu Kepala Hingga Sobek

Kotim

Terlibat Politik, Salah Satu Pejabat Eselon di Kotim Terancam Sanksi
error: Content is protected !!