Amankan Lebaran, Polres Kerahkan 2/3 Kekuatan

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Dalam rangka mengamankan sekaligus mengantisipasi potensi gangguan keamanan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas selama Idul Adha 1438 H, serta antisipasi aksi teror di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Polres Kobar mengerahkan sedikitnya 2/3 kekuatan personel yang akan ditempatkan disejumlah titik baik di dalam maupun luar kota Pangkalan Bun.

Persiapan pengamanan ini ditandai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan pengamanan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kobar AKBP Pria Premos SIK di halaman Mapolres Kobar Kamis (31/8).

Kapolres mengatakan, pada 1 September ini, umat muslim se-Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Termasuk di wilayah Kabupaten Kobar. Karena itu, tentunya diperlukan kesiapan petugas Polres Kobar beserta jajaran dan instansi terkait untuk bersinergi dalam mengamankan wilayah dianggap menjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Meski di Kobar ini nuansa Idul Adha berbeda dengan Idul Fitri, namun di wilayah hukum Polres Kobar sendiri memiliki beberapa objek wisata yang tentunya akan ramai dan padat untuk dikunjungi wisatawan lokal yaitu kawasan Pantai Bogam Raya, yang dapat menimbulkan potensi kerawanan, kejahatan konvensional maupun kemacetan,”ujar Kapolres saat menyampaikan sambutannya ketika memimpin apel gelar pasukan.

Peningkatan aktivitas masyarakat tersebut lanjut Kapolres, harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi permasalahan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas, baik waktu menjelang pada saat maupun setelah hari raya Idul Adha.

“Selain hal itu, potensi kerawanan lainnya yang mengganggu Kamtibmas perlu diantisipasi pada perayaan ini antara lain, seperti curat, curas dan curanmor, aksi intoleransi beragama, terorisme serta sabotase. Untuk antisipasinya, dibutuhkan kerja sama sehingga potensi kerawanan dapat di minimalisir,”papar Pria Premos.

Untuk itu terang Kapolres, dukungan intelijen dilapangan harus mampu mendeteksi kerawanan, pengaturan lalu lintas dan kelancaran serta pengamanan objek vital harus tepat guna sehingga efektif dalam melakukan pengamanan.

Pada kesempatan itu Kapolres juga mengingatkan agar pengamanan dilakukan secara humanis namun tetap tegas dalam penegakan hukum. Oleh karena itu, kesiapan personil berikut sarana dan prasarana serta kelengkapan perorangan harus disiapkan dengan baik sehingga kesigapan dalam melayani masyarakat dapat dirasakan langsung, dan membuat warga tenang serta nyaman. (hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here