Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 8 Agustus 2019 - 16:45 WIB

Sekda Minta Capaian IMP Kalteng Ditingkatkan

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat memberikan keterangan kepada awak media.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Capaian indikator makro pembangunan (IMP) yang selama ini dicapai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng,  diharapkan dapat terus dipertahankan , bahkan ditingkatkan.

“Saya berharap capaian tersebut dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan pada tahun 2019 ini, tentunya dengan sinergitas antara provinsi dan kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran saat membuka acara Rakordal  program-program pembangunan provinsi Kalimantan Tengah Triwulan ll 2019 Rabu (7/8/2019).

Fahrizal Fitri mengatakan, dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan difokuskan pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian dalam arti luas (pertanian, perikanan, pariwisata, perindustrian, perdagangan, ukm dan lain sebagainya).

Baca Juga :  Katingan Terima Bantuan Hewan Kurban dari Pemprov Kalteng 

Bahkan lanjut dia, capaian IMP, terlihat pada kinerja tiga tahun RPJMD Provinsi Kalteng, beberapa indikator makro ekonomi, tersebut yakni, pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi sebesar 5,64%, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 5,17%. Dan pada triwulan l tahun 2019 pertumbuhan ekonomi sebesar 6,03% dan semakin tumbuh pada triwulan II 2019 sebesar 7,67%.

Sementara, angka kemiskinan pada Maret 2019 sebesar 4,98% lebih rendah (lebih baik) dari capaian nasional yakni 9,41%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2018 sebesar 70,42, lebih rendah dari IPM Nasional yakni 71,39.

Baca Juga :  ASN Diharapkan Tingkatkan Kinerja

Kendati demikian IPM Kalimantan Tengah masuk dalam kategori kelompok tinggi, dan ini untuk pertama kalinya IPM Kalimantan Tengah masuk dalam kategori kelompok tinggi (70 sampai dengan 80)  Selain itu,  Gini Ratio pada Maret 2019 sebesar 0,336 lebih rendah (lebih baik) dibandingkan dengan capaian nasional sebesar 0,382. (ed/adv)

Share :

Baca Juga

Internasional

Raja Williem dan Ratu Maxima Batal Kunjungi Kalteng

Pemprov Kalteng

Peduli, Gubernur Berikan Bantuan Korban Kebakaran Desa Pundu

Pemprov Kalteng

Festival Tambun Bungai Resmi Ditutup

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dorong Penghapusan Pernikahan Usia Anak

Pemprov Kalteng

25 Orang Positif Mengidap Covid-19 di Kalteng, Dua Meninggal Dunia

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Desa Pujon

Pemprov Kalteng

Sekda Lepas Keberangkatan Kontingen Pra Popnas Kalteng

Pemprov Kalteng

Pj. Sekda Ikuti Rakor Rencana Kunjungan Presiden ke IKN