Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 21 Agustus 2019 - 17:11 WIB

Gubernur Usul Peningkatan Infrastruktur Kalteng di RPJMN

IST-Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menghadiri raker RPJMN di Balikpapan Kaltim, Selasa (20/8/2019).

IST-Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menghadiri raker RPJMN di Balikpapan Kaltim, Selasa (20/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyampaikan usulan dan masukan terkait Rancanan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 , saat menghadiri Konsultasi Regional yang dipimpin langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di Aula Hotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (20/9/2019).

Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kalteng Agus  S.Djunaidy mengatakan, usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng pada Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 yang disampaikan Gubernur, meliputi pembangunan dan penanganan masalah infrastruktur, energi, Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan, pariwisata, dukungan untuk Perda Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) dan kesiapan Kalimantan Tengah menjadi Ibukota Negara.

“Berkaitan dengan masalah infrastruktur yang berorientasi pada pertumbuhan dan ketahanan ekonomi,Gubernur Sugianto meminta dukungan pemerintah pusat untuk membuka daerah-daerah yang terisolir karena keterbatasan anggaran APBD antara lain dengan membangun pelabuhan samudera dan pengembangan bandara serta pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan nasional poros selatan dan poros tengah termasuk pembangunan jalan-jalan yang menghubungkan sumber-sumber produksi guna memperlancar distribusi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat,”ungkapnya dalam rilis yang disampaikan kepada awak media, Rabu (21/8/2019).

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Sampaikan Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19

Demikian juga di sektor energi, Gubernur mengusulkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk desa dan pembangunan transmisi pipa gas lintas Kalimantan serta meminta dukungan pemerintah pusat untuk peningkatan kualitas SDM dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan dukungan untuk membantu pengembangan SDM di era revolusi industri 4.0.

Baca Juga :  Tiga Kabupaten di Kalteng Dilanda Banjir

Disamping itu, Pemprov Kalteng juga harus terus berupaya membangun dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan infrastruktur pendukung seperti rencana pembangunan Rumah Sakit Tipe A dengan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang memerlukan dukungan pemerintah pusat.

Sementara pada kegiatan ini, selain Gubernur Kalteng, turut hadir  Ketua Komisi  IX DPR RI H. A. Hafisz Tohir, Gubernur Kalimantan Timur H. Isran Noor, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lamberi, Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudi Resnawan, Wakil Gubernur Kalimantan Barat H. Ria Norsan, Plt. Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas Gellwinn Daniel Hamzah Yusuf, Deputi Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata, Bupati dan Walikota serta Kepala Bappeda Provinsi dan  Kabupaten/Kota se-Kalimantan. (ed/adv)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Sugianto : Harus Ada Tindakan Nyata Pengendalian Harga

Pemprov Kalteng

Gubernur Sugianto Minta Warga tak Main-main Terkait Covid-19

Pemprov Kalteng

Sekda Kalteng Lepas Peserta Sepeda Gembira

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Ikuti Rakor Nasional BMKG Secara Virtual

Pemprov Kalteng

Pemprov Harapkan Jalur Penerbangan Ditambah

Pemprov Kalteng

Komisi XI dan Pemprov Kalteng Bahas Pemindahan Ibu Kota

Pemprov Kalteng

Mendag RI dan Sekda Kalteng Buka Bazar Night Market UMP

Pemprov Kalteng

Kalteng Kebagian Jatah 9600 Sertifikat Tanah