DLH Kalteng Siapkan Ruang Oksigen Bagi Masyarakat

Plt. Kepala DLH Provinsi Kalteng Norliani saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (13/8/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Provinsi Kalteng telah menyiapkan ruangan oksigen bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan pernafasan oksigen. Hal ini terkait kondisi kabut asap yang semakin pekat akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Plt. Kepala DLH Provinsi Kalteng Norliani  mengatakan, saat ini di DLH sudah menyediakan kamar oksigen yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan back up sekitar 15 orang personel dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial. Di kamar tersebut disediakan kapasitas 2 bed.

Selain di DLH, lanjut dia, di Puskesmas juga disediakan ruang oksigen untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan oksigen.

“Kami juga telah mengusulkan untuk pengadaan alat pengukur kualitas udara portabel yang bisa dibawa kemana-mana sehingga jangkauannya lebih luas,” ucapnya kepada awak media, Selasa (13/8/2019).

Norliani mengatakan, berdasarkan data indek standar pencemaran udara (ISPU) kondisi kualitas udara sudah masuk dalam kategori berbahaya. Gubernur juga sudah mengimbau seluruh masyarakat apabila sudah lima (5) hari kondisi kabut asap masih terjadi bahkan cenderung pekat,  maka masyarakat wajib menggunakan masker dan mengurangi aktifitas di luar rumah.

“Bahkan sekolah-sekolah pun kalau kondisinya tidak memungkinkan dan kabut asap semakin pekat, maka harus diliburkan,”imbuhnya. (ed/adv)