Dewan Sarankan Imbauan Larangan Karhutla Diperbanyak

Anggota DPRD Kobar Bambang Suherman saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (13/8/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi C DPRD Kobar Bambang Suherman menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar melalui instansi terkait, agar memperbanyak pemasangan spanduk larangan membakar hutan dan lahan (karhutla) atau membuka lahan dengan cara membakar.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya rapat evaluasi penanggulangan Karhutla ini, dengan demikian kita bisa mengetahui sejauh mana kendala yang ada di lapangan dalam upaya penanggulangan karhutla,”kata Bambang Suherman, seusai mengikuti rakor di Aula Bappeda, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, pada prinsipnya upaya yang dilakukan Pemkab Kobar sudah sangat tepat. Sebab telah melibatkan seluruh steakholder dalam masalah ini, sehingga semua memiliki tanggungjawab untuk pencegahannya di lapangan.

Langkah selanjutnya tambah Bambang Suherman, yang lebih efektif selain bersosialosasi juga sebaiknya di perbanyak pemasangan spanduk imbauan yang dipasang di titik rawan karhutla. Sehingga secara tidak langsung masyarakat akan membaca jika terpasang spanduk tersebut.

“Bila perlu dalam imbauan itu dipasang foto Kapolsek maupun Danramil dan juga tertera sanksi hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan, saya yakin masyarakat akan takut karena sudah jelas dalam aturannya bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan,”tandasnya. (yus)