Home / DPRD Kota

Sabtu, 3 Agustus 2019 - 17:44 WIB

Dewan Dorong Peran Forkopimda Agar Diperkuat

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Peran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  sangat penting dan strategis dalam membantu pemerintahan menjalankan roda pembangunan.

Forkopimda ini memiliki peran dan fungsi penting, terutama mensinergikan sekaligus membantu pemerintah daerah dalam penyelesaian masalah dalam pemerintahan daerah. Hal ini dikatakan Ketua  DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto kepada wartawan Sabtu (3/8/2019).

Menurutnya, peran ini diperkuat karena hasil kunjungan kerja DPRD setempat dan Wali Kota Fairid Naparin beserta jajaran Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, Dandim 1016/Palangka Raya Letkol Czi Chandra Adibrata  serta unsur Forkopimda lainnya ke Bali beberapa waktu lalu, telah  banyak pelajaran dipetik terkait kerjasama Forkopimda di Kabupaten Klungkung Bali.

Baca Juga :  Pembahasan Raperda Jamkesda Dilanjutkan

“Ini penting untuk Pemko dan Forkopimda belajar dalam hal penguatan kerjasama kepemerintahan, terutama yang berkaitan dengan peran serta fungsi Forkopimda,”ungkap Sigit.

Forkopimda lanjut Sigit, memiliki peran strategis dimana keberadaannya diperlukan dalam memberikan solusi berbagai permasalahan yang terjadi dalam pemerintahan maupun di masyarakat.

Baca Juga :  DPRD Kota Lantik Satu Anggota PAW

Sejauh ini, kerjasama kepemerintahan antara Pemko Palangka Raya dan Forkopimda , memang telah berjalan dengan baik. Namun begitu untuk penguatan lebih mendalam pada berbagai aspek tetap diperlukan.

“Kelembagaan adat di Kabupaten Klungkung ini penting juga ditiru, terutama bagaimana mengatur daerah yang nyaman dan damai melalui keterlibatan kelembagaan adat,”tandasnya. (ed)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

UKM Diminta Tiru Sistem Penjualan Ritel Modern

DPRD Kota

Perlu Keterlibatan Masyarakat Cegah Karhutla

DPRD Kota

Aspirasi Warga Harus Diakomodir dalam RKPD

DPRD Kota

Dewan Sebut Penerapan Sanksi Tak Perlu Perwali

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Ubah Pola Pikir Terkait Protokol Kesehatan

DPRD Kota

Gencarkan Sosialisasi Dampak Pernikahan Dini

DPRD Kota

DPRD Kota Sampaikan Hasil Reses

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Layanan e-KTP Khusus Pelajar