Pemprov Komitmen Wujudkan Kalteng Bebas Asap

Peserta undangan yang hadir pada kegiatan pembekalan di di ballroom Hotel Aquarius, Kamis (11/7/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berkomitmen dalam mewujudkan Provinsi Kalteng Bebas Kabut Asap.  Ini seiring dengan ditetapkannya keputusan Gubernur Kalteng Nomor : 188.44/222/2019, tanggal 27 Mei 2019, tentang penetapan Status Siaga Darurat.

Hal ini diutarakan Gubernur Kalteng,  H. Sugianto Sabran melalui Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setda Provinsi Kalteng,  Drs. Nurul Edy pada acara Pembekalan Kesiap-siagaan Menghadapi Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalteng 2019 di ballroom Hotel Aquarius, Kamis (11/7/2019).

Menurut Edy, untuk lebih meningkatkan upaya pengendalian bencana melalui kegiatan pencegahan bencana karhutla, diperkuat juga kesiapsiagaan bencana karhutla, dengan melakukan beberapa hal kepada seluruh pihak terkait melalui pendekatan sosial budaya melalui sosialisasi, penyuluhan dan kampanye yang bersifat persuasif – edukatif untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, dan dunia usaha.

Kedua, bentuk kampanye yakni berisi imbauan melalui Surat Kabar Harian, Penyebaran leaflet dan poster, pemasangan papan peringatan dan spanduk.

Ketiga, memberikan maklumat larangan tidak membakar hutan dan lahan kepada masyarakat dan perusahaan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati  atau Wali kota dan unsur pemerintah terkait lainnya sampai ketingkat desa dan RT/RW.

Keempat, ldentifikasi ancaman dan kerentanan untuk menilai risiko bencana sebagai dasar peringatan dini. Kelima, penerapan Rencana Kontijensi Bencana karhutla dan aktivasi rencana operasi penanganan darurat bencana.

Keenam, Rapat Koordinasi Terpadu melibatkan seluruh elemen, dan ketujuh, inventarisasi semua sumber daya yang dimiliki dan indentifikasi sumber daya yang tersedia dan dapat dimanfaatkan untuk dimobilisasi pada saat keadaan darurat.  (ed/adv)