Puluhan Rumah Warga di Desa Hanjalipan Direndam Banjir

Warga Desa Hanjalipan saat menggunapan sampan untuk beraktivitas karena ruas jalan desa dan rumah mulai digenangi air Sabtu (15/6/2019).

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Hujan deras yang melanda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) beberapa hari terakhir, mengakibatkan salah satu desa di Kecamatan Kota Besi yakni Desa Hanjalipan turut terkena dampak banjir.

Ada sekitar puluhan rumah warga di desa setempat yang mulai digenangi air setinggi lutut orang dewasa. Tak hanya rumah, jalanan desa terlihat seperti sungai akibat digenangi air dari luapan air sungai tersebut.

Gian salah seorang warga setempat mengatakan, sudah beberapa hari terkahir hujan terjadi hampir setiap malam. Dampaknyamembuat air sungai terus meluap dengan cepat dan mengenangi puluhan rumah warga setempat.

“Sampai saat ini kondisi air belum juga surut. Warga yang lain sudah siap-siap mengemas barang kerena melihat air belum juga berkurang, termasuk saya sendiri,”ungkapnya kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (16/6/2019).

Sementara Ketua RT setempat  Udin mengatakan, sudah beberapa tahun ini banjir tak pernah dialami warga desa setempat. Baru kali ini kata dia, terjadi yang mengakibatkan warga kesulitan beraktivitas.

“Kondisi air sampai hari ini, masih belum surut. Mudah-mudahan hari ini tak terjadi hujan, sehingga air bisa surut. Kita berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa menyikapi kejadian yang kita alami ini, jika memang air tak surut. Lantaran masyarakat mulai resah,”katanya Minggu (16/6/2019). (ko/hm)