Pemkab Barsel Diminta Perhatikan Kesejahteraan Guru Non PNS

BUNTOK, KaltengEkspres.com –Tokoh Masyarakat  Barito Selatan (Barsel)  H Raden Sudarto SH meminta pemerintah daerah setempat untuk memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik Non PNS yang sangat memprihatinkan.

“Hal itu harus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah, mengingat tenaga pendidik didaerah cukup besar dan sangat di dibutuhkan,” kata  Raden Sudarto kepada Kalteng Ekspres.com, Senin (17/6/2019).

Raden Suudarto yang akrab disapa H Alek itu menjelaskan, ke perihatinan  dirinya tersebut karena perbedaan gaji guru ASN dan Non ASN cukup jauh berbeda.

“Mengingat Guru yang bersetatus PNS sudah dapat gaji pokok ditambah lagi mendapatkan uang  sertifikasi. Kalau guru  Non PNS  di daerah digajih sangat minim, karena mereka menerima jauh dari Upah Minimum Kabupaten (UMK),” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Barsel   itu menambahkan, untuk bisa mengakomodir anggaran wajib yang selama ini kelihatannya kurang mendapat perhatikan oleh Pemkab Barsel, maka dirinya menyarankan agar  sumber dana yang bisa diambil diantaranya dari 7 proyek multiyes di Barsel.

“Dengan demikian gajih tenaga pendidik Non PNS dapat disetandarkan dengan UMK,” tandasnya. (rif)