Home / Metro Palangka Raya

Jumat, 28 Juni 2019 - 14:42 WIB

Masyarakat Lima Kabupaten Gelar Aksi Unjuk Rasa

Puluhan masyarakat dari lima kabupaten saat menyampaikan orasinya di depan Kantor Gubernur Kalteng, dikawal aparat kepolisian Jumat (28/6/2019).

Puluhan masyarakat dari lima kabupaten saat menyampaikan orasinya di depan Kantor Gubernur Kalteng, dikawal aparat kepolisian Jumat (28/6/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Puluhan masyarakat dari sejumlah kabupaten bersama Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) melakukan aksi unjuk rasa damai di depan kantor Gubernur Kalteng Jalan G Obos, Jumat (28/6/2019).

Aksi ini disambut oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng, Agus Pramono serta puluhan aparat keamanan yang berjaga di depan pintu masuk kantor gubernur.

Direktur Eksekutif WALHI Provinsi Kalteng, Dimas Novian Hartono mengatakan, masyarakat yang melakukan aksi unjuk rasa damai ini berasal dari lima kabupaten, yakni Kabupaten Bartim, Kapuas, Katingan, Kotim dan Seruyan. Kedatangan mereka untuk menuntut pengembalian lahan dan plasma.

“Termasuk yang di Kabupaten Bartim yakni hak masyarakat untuk akses hidupnya untuk sungai, seperti diketahui wilayah Bartim yang kaya dengan sumber daya alam batu bara,  tapi tidak memberikan hak yang luas kepada masyarakat dalam hal menjalankan kehidupannya sehari-hari,”ungkapnya.

Baca Juga :  Banjir di Palangka Raya Kembali Renggut Korban Jiwa

Menurutnya, perusahaan mengambil alih lahan tanpa seizin dan sepengetahuan masyarakat, inilah yang dilaporkan masyarakat. Kondisi sudah 7 tahun mereka perjuang tapi belum ada hasil.

“Kami akan menunggu komitmen pak gubernur yang mengatakan akan menyelesaikan kasus dalam waktu 1-3 bulan kedepan, kita akan tagih komitmen tersebut,” tegas Dimas.

Sementara, Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng, Agus Pramono mengatakan, menyikapi ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng telah mendengar dan merespon tuntutan masyarakat.

Baca Juga :  IKM Binaan PLN di Kampung Purun Serap Pengrajin Lokal

Pihaknya berharap orasi tuntutan masyarakat ini dibuat dalam bentuk surat laporan tertulis untuk dapat ditindak lanjuti. Disamping itu pada waktu yang bersamaan Gubernur Kalteng juga telah mengunjungi kantor WALHI, artinya aspirasi tersebut juga telah sampai kepada gubernur, tinggal ditindak lanjuti.

“Nantinya akan kita teliti mana yang lebih perioritas untuk ditindak lanjuti,  pada intinya apa yang menjadi tuntutan masyarakat akan diterima dan ditampung dan kami sampaikan kepada gubernur, termasuk kepada Dinas Perkebunan dan Dinas kehutanan untuk melakukan rapat bersama menyelesaikan persoalan-persoalan yang menjadi tuntutan  masyarakat,”ujarnya. (ed)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Pembelajaran Tatap Muka Belum Mendapat Rekomendasi

Metro Palangka Raya

Diduga Korban Pembunuhan, Idrus Ditemukan Tewas di Tepi Sungai

DPRD Kota

Legislator Kota Dukung Pemanfaatan Bank Sampah

Lintas Kalimantan

Peduli Keselamatan Masyarakat, PLN Berikan Tips Kelistrikan

Metro Palangka Raya

PLN dan Himbara Sinergi Permudah Masyarakat Miliki Motlis

Metro Palangka Raya

Kurir Online Ditemukan Tewas di Barak

Metro Palangka Raya

Ikut Berunjuk Rasa, Siswa SMA Ditangkap Polisi 

DPRD Kota

Pemberlakuan PJJ Sudah Sangat Tepat