HUT RI, Gubernur Sebut Putra Putri Kalteng Diundang Menari di Istana Negara

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com Pada 17 Agustus 2019 mendatang putra putri Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo untuk unjuk bakat membawakan tarian daerah di Istana Presiden. Putra putri Kalteng yang akan menari di Istana nantinya sebanyak 200 orang penari dari sanggar tari.

“Ini merupakan kehormatan bagi masyarakat Kalimantan Tengah,” ungkap Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran pada acara pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di Taman Budaya Selasa (18/6/2019).

Karena itu lanjut Gubernur, dirinya mengintruksikan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng agar terus membina dan mengarahkan sangar-sanggar tari yang ada, sehingga nantinya dapat memberikan penampilan yang terbaik dihadapan presiden dan membawa nama harum Provinsi Kalteng.

“Saya berharap bisa tu jukan kreasi kita yang menarik dengan etnik dan kebudayaan Kalteng, dan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng agar bisa berkoordinasi dengan pemerintah kota/kabupaten, sehingga yang kita berikan adalah penampilan yang terbaik, ” ucap Sugianto.

Menurut Sugianto, tanggal 17 Juni 2019, putra putri Kalteng juga mendapat kehormatan diundang oleh Kementerian Dalam Negeri untuk menari pada suatu acara disana. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua bahwa adat dan budaya Kalimantan Tengah sangat dikenal dihargai di tingkat nasional.

Disisi lain, untuk memperkuat budaya daerah Kalimantan Tengah, Gubernur juga mengarapkan pada semua bandara sebagai pintu masuk, ada disuguhkan tari-tarian daerah Kalimantan Tengah dengan penulisan kata-kata dalam bahasa Dayak, misalkan “Selamat Datang” dan diartikan dalam bahasa Indonesia, sehingga itu menjadi daya tarik tersendiri serta memberikan kesan yang baik bagi para tamu yang berkunjung ke Kalteng.

Sugianto juga mengajak semua pihak untuk memperkuat budaya termasuk sektor pariwisata, tentunya didukung dengan pendanaan yang memadai dari penerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. (ed/adv)