Home / Pemprov Kalteng

Jumat, 28 Juni 2019 - 15:06 WIB

Gubernur Peringat Tegas Investor, Kembalikan Lahan Hak Masyarakat

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meyambangi Kantor WALHI Kalteng, Jumat (28/6/2019).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat meyambangi Kantor WALHI Kalteng, Jumat (28/6/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memberi peringatan tegas kepada para investor baik bidang perkebunan maupun pertambangan agar mengembalikan lahan yang menjadi hak masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku.

Karena berdasar laporan masyarakat melalui organisai Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), banyak kasus-kasus masalah lahan yang terjadi antara perusahaan perkebunan maupun pertambangan dan kehutanan dengan masyarakat setempat.

“Keberadaan investor bidang perkebunan,  pertambangan dan kehutanan harus berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya dan berkeadilan. Investor jangan membuat sulit pemerintah, ada kebun tapi tidak ada plasmanya,  bagaimana masyarakat bisa hidup kalau tanah tempat mereka hidup bertani habis digarap,”ungkap Sugianto saat menyambangi Kantor Walhi Kalteng di Jalan RTA Milono, Jumat (28/6/2019).

Baca Juga :  Plt. Gubernur Kalteng: Program Food Estate Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Menurut Gubernur, Kasus-kasus seperti itu memang harus diselesaikan, jangan sampai pemerintah daerah mengambil tindakan tegas secara hukum, atau dicabut izin operasionalnya.

Untuk itu, sebelum Pemprov Kalteng mengambil tindakan tegas dan melapor kepada pemerintah pusat, para pengusaha atau investor agar punya hati mengembalikan hak masyarakat berupa kebun plasma.

“Saya pikir tidak ada ruginya bagi pengusaha untuk memberikan 1000-2000 hektar untuk masyarakat bertani atau berkebun, karena ini harus ada azas keadilan bagi masyarakat, ” ucapnya.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Komitmen Dukung Wirausaha

Ia menjelakan, Pemprov Kalteng akan membentuk tim, termasuk turun ke lapangan untuk melihat tambang-tambang di daerah Kabupaten Bartim, Katingan, Seruyan yang dilaporkan masyarakat tersebut.

Untuk diketahui, kedatangan gubernur ke WALHI ini tujuannya bersilaturahmi sekaligus mendengar secara langsung laporan dari WALHI mengenai kondisi hutan dan lahan masyarakat di Kalimantan Tengah yang telah dicaplok pihak perusahaan. Sehingga ke depan pihaknya bisa mengambil sikap guna menindaklanjutinya. (ed/adv)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Dukung Keikutsertaan Kontingen Porwanas Kalteng

Pemprov Kalteng

Pemprov Minta DPRD se-Kalteng Buat Regulasi Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Ikuti Rakor Pengembangan Food Estate

Metro Palangka Raya

15 Ribu Masker dan 3 Ribu APD Siap Dibagikan Untuk Tenaga Medis

Pemprov Kalteng

Gubernur Tinjau Lahan Pertanian Potensial Milik Masyarakat

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Terima 10 Ribu Obat Anti Virus

Pemprov Kalteng

Syukuran di Usia ke 49, Gubernur Kalteng Gelar Salat Hajat Berjamaah

Pemprov Kalteng

Jangan Ada Politik Praktis di Organisasi Pramuka