Dishub Kobar Bakal Rehab Traffick Light Berusia Tua

Sejumlah pengendara saat melintasi traffick light ruas jalan dalam Kota Pangkalan Bun Jumat (21/6/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kobar bakal merehab alat pemberi isyarat lalu lintas (Apil) atau biasa sebut traffick light, di sejumlah ruas jalan dalam Kota Pangkalan Bun. Hal ini karena sejumlah traffick light usianya sudah mencapai 20 tahun dan belum pernah direhab.

Kepala Dinas Perhubungan Kobar Hermon F Lion mengakui,bahwa pihaknya akan merebah traffick light di sejumlah ruas jalan dalam Kota Pangkalan Bun. Menurut dia, traffick light yang direhab ini khusus untuk usia yang sudah cukup tua dan belum pernah direbah.

“Perehaban ini nanti kita lakukan secara bertahap. Yang kira rehab nanti mulai dari hardwernya kemudian lampu LED nya,”ungkap Hermon kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (21/6/2019).

Menurut Hermon, saat ini sudah ada beberapa titik traffick light yang telah direhab. Yakni di perempatan Jalan Sampuraga dan Jalan Iskandar tepatnya depan Bank Kalteng, namun semua masih tahap percobaan, lantaran lampu dan mesinnya baru semua.

“Teknisinya didatangkan langsung dari Bandung dan satu – satunya yang bisa mengerjakannya. Kemudian teknisi tersebut saat ini sedang mengerjakan Apil di daerah lain, tidak bisa sembarangan,” ujarnya.

Hermon berharap kepada masyarakat Kobar supaya bersabar, pihaknya akan menargetkan pekerjaan Apil rampung pada akhir bulan ini.

“Rehab ini untuk keselamatan pengguna jalan jadi kami sangat serius mengerjakan ini, hanya memang perlu waktu. Kepada mayarakat kita berharap supaya bersabar dan selalu berhati – hati dalam berkendara di persimpangan atau di perempatan jalan,” pungkasnya. (yus)