Cegah Laka Maskapai, Pilot dan Pramugari Dites Urine

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan saat arus mudik lebaran di transportasi udara, Polresta Palangka Raya bekerjasama dengan KKP Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut menggelar tes urine terhadap pilot dan pramugari di Bandara Tjilik Riwut Palangkw Raya, Selasa (04/06/2019) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, tes urine yang dilaksanakan pihaknya ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan transportasi udara khususnya maskapai penerbangan yang melayani mudik lebaran penumpang.

“Giat ini berkoordinasi dengan pihak KKP Bandara Tjilik Riwut. Dari pihak bandara sudah melakulan pengecekan darah dan tensi, jadi kita hanya melakukan tes urine guna memastikan agar kru betul-betul bisa membawa penumpangnya sampai ke tempat tujuan dengan selamat.” kata Timbul saat dibincangi KaltengEkspres.com Selasa.(4/6/2019).

Ia menjelaskan, kegiatan tes urine tersebut ke depan terus dilakukan secara berkelanjutan, namun secara acak dan berperiodik.

“Untuk pengecekan urine rutinnya nanti kita lakukan per periodik, entah itu sebulan sekali atau dua bulan sekali, tergantung kita di berikan informasi, kita akan lakukan lakukan pengecekan secara acak, dan kebetulan saat ini adalah dalam rangka mudik lebaran dan dimana pada hari ini adalah puncak arus mudik,” tegasnya.

Pantauan dilapangan, pilot dan pramugari yang dilakukan tes urine saat itu dari dua maskapai, yakni Maskapai Wings Air, dan Maskapai Lion Air. (jkn)