Banjir Rendam Rumah Warga Desa Tumbang Hiran

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Hujan deras yang terus menerus mengguyur Kabupaten Katingan beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan meluap. Akibatnya sejumlah desa khususnya di Desa Tumbang Hiran Kecamatan Marikit  Kabupaten Katingan mengalami banjir.

Di desa ini ada sekitar puluhan rumah warga setempat terkena dampak direndam air. Sehingga membuat warga setemoat terancam berlebaran dengan suasana banjir, mengingat lebaran jatuh pada Rabu (5/6/2019) besok.

Tutut Rahmawatie, warga Desa Tumbang Hiran mengatakan, bahwa banjir mulai menggenangi desa sejak Selasa (4/6) pagi ini. Bahkan hingga saat ini kondisi air masih terus bertambah naik.

“Kemarin sore Senin (3/6) kondisi air memang sudah terlihat semakin dalam, namun masih belum naik hingga ke jalan,”ungkapnya Selasa (4/6/2019).

Ia menjelaskan, banjir yang melanda desa setempat disebabkan karena kondisi cuaca hujan lebat yang mengguyur beberapa hari terakhir, mengakibatkan air sungai naik ke daratan hingga merendam desa setempat. Dengan ketinggian mencapai pinggang orang dewasa. Tak hanya itu, ada sekitar puluhan rumah warga sudah terkena dampak terendam air. (ejk)