Sidak Sejumlah Swalayan, Tim Gabungan Temukan Mamin Kadaluwarsa

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap produk makanan dan minuman (mamin) kedaluwarsa dalam kemasan parsel di sejumlah swalayan yakni Bali Indah, Borneo Pasanah dan Hypermart, Kamis (23/5/2019).

Sidak ini untuk mencegah beredarnya mamin kadaluwarsa dijual pedagang kepada pembeli. Giat tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Kobar Ahmadi Riansyah, didampingi Plh Loka POM Kobar Mei Indarti serta SOPD terkait.

Wabup mengatakan, giat ini dilaksanakan untuk mencegah beredarnya makanan dan minuman kadaluwarsa yang dijual pedagang kepada pembeli. Khususnya menjelang lebaran Idul Fitri.

“Karena biasanya peredaran mamin kadaluwarsa sering diselipkan ke dalam jualan paket dengan motif harga yang murah. Hal ini yang patut kita cegah dengan melakukan pengecekan langsung di lapangan,” kata Ahmadi Kamis (23/5/2019).

Sementara itu Plh Loka POM Kobar Mei Indarti mengatakan, dalam giat ini pihaknya menemukan sejumlah mamin kadaluwarsa yang nyaris dijual pedagang swalayan. Temuan tersebut lanjut dia, segera ditindaklanjuti pihaknya dengan menegaskan kepada pengelola swalayan agar menyingkirkan produk makanan tersebut kemudian menggantinya dengan prodak baru

“Bahkan tadi Wabup Ahmadi Riansyah telah menyampaikan juga kepada manager swalayan. Karena untuk produk makanan yang dikemas dalam parsel, biasanya setelah diterima tidak langsung dikonsumsi,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan tugas rutin pihaknya dan bukan hanya saat ramadan dan menjelang lebaran.

“Karena itu ia mengimbau kepada pedagang swalayan maupun toko agar berhenti menjual produk mamin kadaluwarsa. Lantaran pihaknya selalu memantau peredarannya,”tegas Mei.

Mei juga menyayangkan, sudah beberapa melakukan sidak di lapangan, pihaknya selalu menemukan mamin kadaluwarsa di sejumlah toko atau swalayan dalam Kota Palangkalan Bun. (yus/hm)