Dewan Apresiasi Petugas PPS Mampu Hadirkan 100% Pemilih

Waket I DPRD Kapuas Robert Linuh Gerung.

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com–  Semangat demokrasi pada Pemilu 17 April 2019 lalu, mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kapuas. Pasalnya,  pada pemilu tersebut, terdapat beberapa wilayah di perdesaan yang mampu menghadirkan sampai 100 persen pemilih. Ini tak lepas dari peran petugas Panitia Pemilih Sementara (PPS) masing-masing desa.

” Patut kita apresiasi petugas PPS di pedesaan apalagi jauh dari pengawasan. Karena mereka mampu menghadirkan masyarakat ke TPS memberikan hak suaranya mencapai 100 persen” kata Waket I DPRD Kabupaten Kapuas, Robert Linuh Gerung Jumat (3/5).

Menurut dia, hal ini terlihat dari berita acara, kemudian surat suara, bahkan surat undangan penjoblosan tidak terdapat kerusakan. Hebatnya lagi, tidak terdapat kesalahan satu pun surat suara yang ada menuju nama-nama calon legislatif.

Seperti dibeberapa PPS terdapat di wilayah Dapil 4 meliputi Kecamatan Kapuas Hilir,  Kecamatan Pulau Petak,  Kecamatan Kapuas Murung  dan Kecamatan Dadahub.

“Keterkaitan dengan pengaduan salah satu partai, masuk ke Banwaslu,  yang menduga adanya ketidak beresan pelaksanaan pemilu diiwlayah tersebut,  dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi diwilayah PPS yang jauh dari jangkauan pengawasan betul-betul menegakan aturan pemilu,”ungkapnya.

Ia menyebut,  angka kehadiran pemilih ke TPS pada PPS pedesaan yang kehadiran mencapai 100 persen yakni di wilayah PPK Kapuas Murung terdiri dari PPS Bina Karya DPT sebanyak 255 pemilih ,  PPS Bina Mekar sebanyak 161 pemilih, PPS Rawa Subur 2 TPS sebanyak 511 pemilih,  PPS Suka mukti sebanyak 134 pemilih ,  PPS Sumber Mulya sebanyak 275 pemilih ,  PPS Manggala permai  2 TPS sebanyak 459 pemilih,  PPS Palangkau Lama sebanyak 333 pemilih.

“Semua PPS ini perlu mendapat penghargaan sebagai desa percontohan secara nasional tingkat kesadaran masyarakatnya luar biasa juga tingkat kecerdasan perlu diacung jempol disebabkan tidak adanya kerusakan 1 surat suara dan tidak adanya 1 pun masyarakat absen tanpa hadir,”tandasnya. (ab)