Bupati Pulpis Jalin MoU Pengelolaan Tambang Emas dengan Kementerian LHK RI

Bupati Pulpis Edy Pratowo saat serah terima cenderamata seusai menandatangani MoU dengan Kementerian LHK RI Rabu (15/5/2019).

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com– Keinginan Bupati Pulang Pisau (Pulpis), H Edy Pratowo terkait pengelolaan tambang emas di Kabupaten Pulpis segera terwujud. Ini menyusul dilakukannya penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama pembangunan fasilitas pengolahan emas, pada kegiatan pertambangan emas skala kecil dengan Ditjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Hotel Santika Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Selain Kabupaten Pulpis, daerah yang mendapatkan kerjasama pembangunan fasilitas pengolahan emas itu adalah pemerintah daerah Halmahera Selatan dan pemerintah daerah Pahuwato di Jakarta.

Bupati Pulpis, H Edy Pratowo mengaku, menyambut baik kerjasama tersebut. Karena menurut dia, program ini salah satu program yang ditunggu. Sebab sebagian wilayah Kabupaten Pulang Pisau merupakan wilayah pertambangan.

Edy menjelaskan, beberapa tahun lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulpis mendorong masyarakat yang melakukan penambangan untuk tidak lagi melakukan aktivitas disepanjang sungai. Lantaran berdampak pada pencemaran lingkungan khususnya sungai.

“Tapi sekarang sudah lebih baik. Pertambangan yang dilakukan sudah agak kedalam dan tidak lagi di pinggir sungai,” ujarnya.

Edy berterima kasih karena pemerintah pusat sudah memberikan bantuan tersebut. Dia berharap pemerintah pusat dapat membimbing pihaknya agar program tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Pemkab Pulang Pisau memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung semua program nasional yang sudah dicanangkan oleh bapak Presiden RI,” tandasnya. (dar)