Angkutan Mudik Lebaran Dipastikan Aman

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat memastikan angkutan untuk mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah aman di Kabupaten Kobar. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Kobar Ahmadi Riansyah seusai memimpin rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran di Aula Pemkab Kobar, Senin (13/5/2019).

“Kmi telah melakukan rapat koordinasi bersama sejumlah instansi terkait persiapan mudik lebaran, tadi hadir dari KSOP Kumai, Kepala Bandara Iskandar juga Kepala Dinas Perhubungan, secara umum semua siap menyelenggarakan kegiatan mudik lebaran,” kata Ahmadi Riansyah kepada awa media seusai rapat.

Menurut Ahmadi, jumlah penumpang yang akan bermudik lebaran melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai diperkirakan sebanyak 25.500 penumpang. Angka itu ada kenaikan dibandingkan mudik lebaran tahun 2018.

“Berdasarkan laporan dari KSOP Kumai untuk tahun ini disiapkan 8 armada yang akan beroperasi melayani mudik lebaran, dan dari armada itu ada melakukan 26 Call (Kunjungan Kapal), pihak Kepelabuhanan telah mempersiapkan semuanya agar arus mudik dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Pada kesempatan itu ia mengimbau kepada Instansi terkait penyelenggara mudik lebaran agar mengutamakan keselamatan penumpang jangan melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

“Saya yakin semua armada baik darat, laut maupun udara ada aturan sesaui dengan SOP nya, jadi kami harapkan jangan melebihi kapasitas demi keselamatan dan kenyamanan para pemudik,” tandasnya. (yus)