Waspadai Masuknya Virus, Ditjen P2P Kemenkes RI Gelar Simulasi

0
13 views

PULANG PISAU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) bekerjasama dengan Ditjen P2P Kemenkes Republik Indonesia mencegah masuknya virus dengan menggelar simulasi penanggulangan kejadian kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia (KKMMD) di Halaman Eks Kantor Bupati, Jalan Oberlin Metar, Kecamatan Kahayan Hilir, Rabu (10/4/2019).

Seperti yang disampaikan Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI Asjikin Imam Hidayat Dachlan, bahwa simulasi tersebut sebagai kesiapan dan langkah antisipasi penyakit masuk negara dengan menyediakan berbagai fasilitas kesehatan.

“Kita sudah siapkan seluruh fasilitas untuk menjaga keamanan dari penyakit masuk negara, mulai dari APB, Alat Desinfeksi, alat angkut ambulance dan lainnya, seperti yang sudah dilihat didalam simulasi,” katanya.

Bahkan, dalam simulasi tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan membentuk kontigensi plan yaitu planing untuk bagaimana melaksanakan dan melakukannya dengan melibatkan pihak kesehatan, TNI dan Polri dan lainnya untuk bersama-sama melakukan pencegahan.

“Sedangkan dalam pencegahannya, setiap kapal akan dilakukan pemeriksanaan terlebih dahulu, ketika akan memasuki pelabuhan di Pulpis oleh petugas kantor kesehatan pelabuhan. Jadi ada ataupun tidak adanya laporan mengenai orang sakit tetap dilakukan pemeriksaan,” tukasnya. (rd)