Wabup Tekankan 2 Poin Penting Saat Pembahasan CSR Bersama PT MGM

0
21 views

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) menggelar rapat koordinasi dengan PT. Marunda Graha Mineral (MGM). Rapat membahas CSR tersebut, dilakukan saat pelaksanaan uji publik pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) bertempat di Aula Kantor Bupati, Kamis (4/4).

Dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Mura Rejikinnor, S.Sos menekankan dua poin penting. Yakni  komunikasi dan pemberdayaan masyarakat yang harus benar benar dibangun kuat di semua level.

“ Komunikasi ini perlu dibangun kuat,karena kita tahu proses perizinan saat ini bukan lagi menjadi kewenangan kabupaten, namun tidak serta merta di level kabupaten, kecamatan dan desa tidak diperlukan koordinasi. Melainkan sangat diperlukan, lantaran ini menyangkut daerah domisili usahanya,”kata Rojikinnor saat menyampaikan paparannya.

Menurut dia, kendati memiliki izin dari pusat, namun kekayaan alamnya adalah milik Kabupaten Mura. Maka perusahaan tidak bisa melepaskan hak-hak masyarakat lokal yang harus dipenuhi.

“ Ibarat pepatah dimana bumi dipijak disitu langit di junjung,”tegas Rojikin.

Poin kedua lanjut dia, pemberdayaan masyarakat harus dilaksanakan secara serius dan berkelanjutan, dalam hal ini PT. MGM harus benar benar bisa memberdayakan masyarakat baik di sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya.

Karena keberadaan investasi tentu harus memberikan manfaat bagi masyarakat secara positif, karena apabila hal itu tidak dilaksanakan, tidak hanya akan berbenturan dengan peranturan perundang undangan namun juga akan berbenturan dengan masyarakat.

“Saya ingin Perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Mura menataati kaidah kaidah yang ditetapkan, salah satunya pelaksanaan CSR yang harus benar benar memberikan manfaat bagi masyarakat termasuk juga harus sinergis dengan program pembangunan pemerintah” jelasnya. (to)