Home / Pemkab Murung Raya

Rabu, 10 April 2019 - 16:29 WIB

Plt Sekda Dorong Investor Serap Potensi Pangan Desa Binaan

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Murung Raya (Mura) Nyarutono Tundjan mendorong investor di Kabupaten Mura agar memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya dari sisi ekonomi sebagai timbal balik dari Sumber Daya Alam (SDA) yang diambil dan dikelola.

Salah satu timbal balik tersebut adalah pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan dengan mengangkat sektor-sektor yang dinilai bisa mendongkrak peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya investor bisa mengambil suplai kebutuhan pangan untuk para karyawan dari hasil pertanian masyaraat sekitar atau masyarakat desa binaan perusahaan tersebut. Sehingga tidak lagi mengambil dari luar daerah.

Baca Juga :  Bupati Minta Usulan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tak Melenceng

“Untuk merealisasikan itu, perusahaan harus lebih dulu memprogramkan pembinaan sektor pertanian di masyarakat sekitar tambang. Secara bertahap tentu masyarakat mampu mengembangkan usaha pertaniannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan terkait komoditi apa yang dibutuhkan perusahaan,”ungkap Nyarutono kepada awak media Rabu (10/4).

Menurutnya, jika berbicara pada saat ini memang masyarakat belum mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhan perusahaan. Sehingga perusahaan masih meminta pasokan dari luar daerah. Namun jika dibina, tentu ke depan masyarakat bisa mengakomodir kebutuhan tersebut.

Baca Juga :  Pemkab Mura Konsultasikan RPD 2024-2026

“Yang jelas harus ada upaya dari pihak perusahaan dan bekerjasama dengan pemerintah untuk mendorong masyarakat menanam padi guna mensuplai kebutuhan beras perusahaan. Dalam hal ini pihak perusahaan diuntungkan dengan tidak lagi harus jauh jauh menerima suplai dari luar daerah, masyarakat juga diuntungkan dengan keuntungan penjualan berasnya,”paparnya. (to)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Badan Kesbangpol Sosialisasi Pemilu 2024 di Dua Kecamatan

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Hadiri Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Presiden RI

Pemkab Murung Raya

Buka Sosialisasi Transisi PAUD ke SD, Ini Pesan Pj Bupati Mura

Pemkab Murung Raya

Program Pemerintah Harus Diimbangi dengan Disiplin Kerja

Pemkab Murung Raya

Usai Terima SK, CPNS dan P3K Diminta Bekerja dengan Giat

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Pemkab Murung Raya

Perdie Resmikan Unit Air Bersih Kelurahan Tumbang Lahung

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Bakal Berlakukan PPKM