Selama 2018, Dinas PUPR Bangun Tiga Embung di Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Guna mendukung program sektor pertanian sekaligus konservasi air di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kobar, merampungkan tiga pembangunan embung . Yakni, Embung Danau Gatal Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), dan Desa Berambai Makmur serta di Sungai Pulau Kecamatan Pangkalan Banteng.

Plt Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom mengatakan, pembangunan embung ini sebagian ada yang dikerjakan secara bertahap dan rampung 2018 lalu. Tujuan pembangunannya untuk mendukung program pertanian, terutama dibeberapa kecamatan yang berpotensi menghasilkan produk pertanian seperti padi dan lain-lainnya, disamping itu juga  untuk konservasi air.

“Rencananya tahun depan, pembangunan embung ini kembali dilanjutkan di daerah lainnya, salah satunya seperti di Danau Asam. Pembangunan tahap berikutnya ini, rencana bekerjasama dengan pihak perusahaan, dengan target yang dibangun sebanyak 1001 embung,”ungkap Juni Gultom kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (1/3).

Juni menjelaskan, pembangunan embung ini ada yang bersumber dari dana APBN dan APBD Kobar. Yang bersumber dari APBD Kobar merupakan salah satu wujud nyata realisasi dari program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar selama kepemimpinan Bupati Kobar Hj Nurhidayah, dalam rangka berupaya meningkatkan sektor pertanian di kabupaten, sehingga potensi pertanian yang ada bisa menghasilkan swasembada pangan.

“Kita berharap semoga program ini berjalan dengan baik. Sehingga keberadaan infrastruktur embung ini bisa memberikan dampak positif bagi para petani di Kabupaten Kobar. Terutama dalam meningkatkan produksi pertaniannya, dan sekaligus mensejahterakan petani daerah,”ucap Juni. (hm)