Sapras Pendidikan Harus Ditingkatkan

0
7 views

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah menegaskan, kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar untuk meningkatkan sarana dan prasana (sapras) penunjang pendidikan, salah satunya seperti komputer yang berguna untuk pelaksaan ujian nasional berbasis kompetensi (UNBK).

“Setiap tahun jumlah siswa terus bertambah dan tekhnologi semakin canggih salah satu sarana yang akan diusahakan yakni penambahan komputer harus terus dilakukan. Baik itu melalui APBD Kobar atau pengajuan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,”ungkap Nurhudayah Kamis (21/3).

Saat ini lanjut dia, sudah ada 53 SMP dan MTs yang memiliki komputer lengkap, bertambahnya jumlah sekolah yang memiliki komputer sangat membantu pelaksanaan UNBK di Kobar.

Sementara Kepala Dikbud Kobar Rosehan Pribadi mengatakan, mulai tahun ini puluhan sekolah SMP dan MI di Kabupaten Kobar siap menggelar ujian nasional. Sementara jadwal pelaksanaan ujian di akhir masa pendidikan itu akan digelar 22 – 25 April 2019 mendatang.

“Dari total 73 SMP/MTs di Kobar, 53 diantaranya akan melaksanakan UNBK dan sisanya akan melaksanakan UNKP,” ujar Rosehan.
Ia menjelaskan, bahwa peningkatan jumlah sekolah dan madrasah yang melaksanakan UNBK tahun 2019 ini cukup signifikan.

“Karena pada tahun 2018 lalu hanya sekitar 34 sekolah dan madrasah negeri swasta yang pakai UNBK. Sedangkan tahun 2019 ini, dengan 53 SMP/MTs berarti bisa dibilang perkembangannya cukup signifikan,” terangnya. (aro)