Polisi Ringkus Pelaku Pencurian Barang Elektronik

MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com – Imam Jaenuri (26) akhirnya tak berkutik saat dibekuk polisi. Pria ini ditangkap karena ulahnya mencuri dibeberapa tempat di Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara.

Pria asal Trenggalek Jawa Timur (Jatim) yang beralamat di Jalan Beringin Raya Km 54 Kecamatan Teweh baru ini, diketahui sering menjual barang hasil ngutil nya via media sosial (medsos). Dari akun miliknya upinipin inilah polisi berhasil meringkusnya.

Kasat Reskrim AKP Samsul Bahri mengatakan, peristiwa pencurian diketahui pada tanggal 24 Februari 2019 di rumah Joko Purnomo sekitar pukul 08.00 WIB.

“Berdasarkan hasil pantaun di media sosial facebook, ditemukan akun “Upinipin” yang sering menjual barang-barang perkakas tukang, alat rumah tangga, HP dan elektonik. Kemudian dilakukan profeling terhadap akun facebook tersebut dan didapat hasil bahwa pemilik akun tersebut bernama Imam Jaenuri,” ungkap Samsul, Jum’at (8/3).

Mengetahui informasi ini, Unit Buser Satreskrim Polres Batara melakukan penyelidikan dengan cara berpura membeli salah satu barang yang ditawarkan pelaku yaitu berupa amplifier, pada Selasa (5/3).

Setelah melakukan nego harga dengan tersangka, kemudian disepakati harganya, dan menentukan tempat untuk serah terima barang yaitu di Jalan Pramuka (di depan Bilyard Global).

“Pada saat berada di depan Bilyard Global tersebut, tersangka Imam langsung ditangkap, Selasa (5/3). Saat diminta untuk menunjukan barang yang akan dijual berupa amplifier, ternyata amplifier masih berada di barak yang terletak di Jalan Jend Sudirman Gg Ahmad,” jelasnya.

Tersangka dibawa untuk mengambil amplifier tersebut dan setelah dicek, ternyata amplifier tersebut memang benar milik Joko Purnomo yang hilang dirumahnya. Pelaku mengakui bahwa telah mencuri di rumah korban Joko Purnomo.

“Barang yang diambil adalah berupa amplifier, genset, tabung LPG 3 kg, bor litrik, ketam listrik dan knalpot,” terangnya.

Baca Juga :  Diserang Buaya, Warga Basirih Hilir Menderita Tujuh Luka Gigitan

Menurut keterangan tersangka barang-barang hasil curian kemudian dijual secara online melalui facebook milik tersangka dengan nama akun “upinipin” dan diposting di group facebook “MUARA TEWEH (Forum Jual Beli Barang Baru/Bekas)”.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengakuan pelaku, ia melakukan pencurian dibeberapa tempat. Selain ditempat Joko Purnomo, Imam juga pernah mencuri di lokasi bangunan rumah atau pekerjaan banguan milik Eko, di Jalan Taman Rekreasi Remaja. Barang yang diambil berupa bor listrik, mesin amplas, mesin ketam dan speaker merk Simbada.

Barang-barang hasil curian tersebut juga telah dijual melalui facebook dan yang masih tersisa hanya speaker merk Simbada. “Dia beraksi sendirian, tanpa bantuan orang lain,” tutup AKP Samsul Bahri. (den/ad)