Naas..Tugboat BI Terbalik, Satu Orang ABK Hilang Tenggelam

MUARA TEWEH, KaltengEkspres.com – Kecelakaan air terjadi di perairan daerah aliran sungai (DAS) Barito, tepatnya di Desa Papar Pujung Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara (Batara). Sebuah Kapal Tugboat Barito Indah (BI) yang sedang menarik tongkang tiba-tiba terbalik, Sabtu (2/3) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Peristiwa ini mengakibatkan satu orang awak beserta kapal (ABK) bernama Suroso (63), hilang tenggelam di Sungai Barito.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, kejadian ini berawal saat kapal yang diketahui berpenumpang tiga orang ini menarik tongkang BSG KSB 2 dari arah Batara hendak mudik ke Kabupaten Murung Raya.

Ketika melintasi lokasi kejadian, tiba-tiba tali penarik tongkang putus, mengakibatkan kapal terlipat dan terbalik dihantam tongkang. Saat kejadian, dua orang ABK berhasil selamat sedangkan satu orang hilang tenggelam sampai saat ini masih dalam pencarian.

Kapolsek Lahei AKP Tommy Palayukan ketika dikonfirmasi membenarkan, adanya kejadian tersebut. Menurut dia, TB Barito Indah penarik tongkang BSG KSB 2, mengalami kecelakaan karena putus tali penarik tongkang sehingga mengakibatkan kapal dihantam tongkang. Sedangkan satu pendorong TB Kembang Sentosa yang membantu dari belakang berhasil selamat dari musibah tersebut.

“Akibat tidak kuat menarik tongkang, setelah tali penarik putus, TB Barito Indah menghantam tongkang langsung terlipat dan terbalik,”ungkapnya Sabtu (2/3).

Tommy menjelaskan, sampai saat ini upaya pencarian terhadap korban masih dilakukan Polsek Lahei dan warga dibantu pihak kapal. Bahkan hingga saat ini korban yang hilang belum juga ditemukan.

Berikut daftar nama penumpang TB Barito Indah yang selamat, adalah Fahriadi Nahkoda Kapal, Yonfa Mualiam I, Mahmud Mualim II, Normansyah KKM ATT, Novi Susanto Masinis ATT, M Zulkifli juru mudi, Ardiansyah juru mudi rantings, dan Sahdan juru minyak. (ad)