KSOP Perketat Pengawasan Kapal Sebelum Berlayar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.comĀ – Kantor KSOP Klas IV Kumai melaksanakan kegiatan rutin dengan memperketat pengawasan terhadap kapal yang hendak berlayar melalui pelabuhan setempat. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan kapal saat berlayar.

Kepala KSOP Kumai Capten Wahyu Prihanto mengatakan, pengawasan ini guna memastikan bahwa kapal, awak kapal, dan muatannya secara teknis administratif telah memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritime.

“Karena Syahbandar memiliki tugas dan kewenangan yang sangat berat dalam menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran,”ungkapnya kepada KaltengEkspres.com Sabtu (9/3).

Sebagai ujung tombak terhadap keselamatan pelayaran lanjut dia, pihaknya bersama rekan instansi yang terlibat dalam pelayanan pelabuhan menyatukan langkah serta meningkatkan sinergitas, koordinasi dan komunikasi dalam melaksanakan tugas menjamin keselamatan pelayaran agar terwujud pelayaran yang aman, selamat, tertib, teratur dan nyaman. (aro)