KPU Kotim Terima 1.883 Kotak Suara, 11 Diantara Nyaris Rusak

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotim menerima kedatangan sebanyak 1.883 kotak surat. Kedatangan kotak suara ini langsung ditaruh di gedung Tenis Indoor Stadiun 29 November Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu (6/2/2019) malam.

Ketua Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kotim, Siti Fathonah mengatakan, 1.883 kotak suara tersebut bukan jumlah keseluruhan, karena masih ada 560 lagi yang nantinya akan menyusul. Bila di total keseluruhan kotak suara ada sebanyak 2393.

“Kotak suara tersebut di cetak di bekasi, lalu dari jakarta di kirim melalui Banjarmasin dan Alhamdulillah tiba dengan aman di Sampit karena di kawal ketat oleh kepolisian yang bersenjata lengkap,” ungkap Siti Fathonah Kamis (7/3).

Meskipun tiba dengan aman, lanjut dia, ada 11 kotak suara yang nyaris rusak lantaran terkena basah, yakni kotak suara untuk pemilihan Anggota DPRD Dapil 1 Kabupaten Kotim yang berjumlah 9 dan Kotak suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi berjumlah 2.

“Sebanyak 11 kotak suara yang basah ini tidak sampai dalam dan semuanya masih bisa dipakai dan kotak pun tidak rusak,” tuturnya.

Dijelaskannya, bahwa kotak basah tersebut di akibatkan karena hujan. Walaupun sudah di tutup tapi masih ada saja yang terkana. Kendati demikian kondisi tak ada masalah, karena kota suara tersebut masih aman. (pras)