Genjot Target SDG, Bupati Imbau Masyarakat Terapkan L2T2

Bupati Kapuas Ben Brahim saat meninjau kawasan tepi Sungai Kapuas Selasa (26/3/2019).

KUALA KAPUAS, KaltengEkpres.com– Dalam rangka mengejar target Sustainable Development Goals(SDG) di wilayah Kabupaten Kapuas, Bupati Kapuas Ben Brahim mengimbau masyarakat agar menerapkan sistem penyelengaraan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) di daerah perkotaan. Hal ini sesuai dengan surat edaran Bupati Kapuas No : 600/239.1/PUPRPKP’2019.

“Surat edaran itu saya terbitkan, karena sejalan dengan pelaksanaan misi dalam rangka mempercepat pembangunan salah satunya adalah permukiman layak huni untuk mewujudkan visi Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri melalui pembangunan yang adil dan merata serta berkelanjutan,”kata Ben Brahim Selasa (26/3).

Adanya imbauan atau intruksi tersebut lanjut dia, maka masing-masing rumah atau kantor  serta sekolah, hotel pasar, mall, mini market, rumas kost serta penginapan termasuk fasilitas ibadah, fasilitas sosial, fasilitas publik dan lainnya, harus mempunyai tangki septik (septictank) yang baik, kedap, tidak berpotensi mencemari lingkungan sesuai dengan SNI.

“Dalam diimbau itu masyarakat juga harus bersedia untuk melakukan penyedotan lumpur tinja terjadwal, terutama pada tangki septinya yang masih belum kedap serta dalam kegiatan penjadwalan dimaksud agar berkoordinasi dengan Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kapuas,”tandasnya. (ab)