Home / Kobar

Jumat, 22 Februari 2019 - 20:08 WIB

Waduh..Pengidap Penyakit HIV/AIDS Kobar Sudah Capai 100 Orang Lebih

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Data mengejutkan terkait pertumbuhan penderita penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) semakin mengkwatirkan. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar Jamin Ginting, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kobar yang sudah dianggap positif secara medis saat ini mencapai lebih dari 100 orang.

“Artinya dengan jumlah demikian, maka Kobar terancam penyebaran berbahaya HIV/AIDS. Pasalnya jumlah penderita penyakit yang disebabkan oleh virus mematikan tersebut bisa diibaratkan sebagai fenomena gunung es. Ini yang sudah tampak, apalagi jika ditambah dengan yang masih tersembunyi,” jelas Jamin saat dikonfirmasi Kalteng Ekspres Jumat (22/2).

Baca Juga :  Empat Pemain Sepak Bola Kobar Masuk Tim Pra-PON Kalteng

Pasalnya, lanjut Jamin, dari satu orang penderita HIV/AIDS, bisa menularkan 10 orang terdekatnya. Sehingga dari satu orang berpotensi menularkan virus HIV pada 10 orang terdekatnya , artinya dengan jumlah lebih dari 100 orang penderita HIV/AIDS di Kobar terdapat 1.000 orang berpotensi tertular virus tersebut.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Ikuti Diklat BST Kapal Layar Motor

“Sebagai contoh bila seorang suami atau isteri mengidap HIV, pasangannya juga terancam tertular. Karena masa inkubasi virus HIV sebelum menjadi gejala klinis bisa berlangsung lama antara 2 hingga 10 tahun,”paparnya.

Jadi jika menemukan satu penderita HIV/AIDS, tambah dia, biasanya orang-orang terdekatnya seperti pasangan hidup dan anak si penderita juga diperiksa untuk mengetahui sudah sejauh mana penularan virus tersebut pada individu lainnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Sehari, Tiga Pengedar Sabu Dibekuk Polisi

Kobar

Pengendara Motor Asal Seruyan Tewas Usai Ditabrak Lari

Kobar

Positif Covid-19 di Kobar Bertambah Menjadi 13 Orang

Kobar

Pasien Covid-19 Kobar Bertambah Lagi 14 Orang, Dua Diantaranya Pejabat

Kobar

Bupati dan Ratusan Siswa Kampanyekan Stop Perburuan dan Perdagangan Hewan Primata

Kobar

Ratusan Warga Kobar Dirapid Test

Kobar

Kebakaran Meluas di Kobar, Giliran Lahan di Pasir Panjang Dilalap Jago Merah

Hukum Kriminal

Amankan Pemilu, Polres Bakal Gelar Sispamkota