Sebelas Rumah Warga Hanau Diamuk Jago Merah

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com -Warga Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan dikejutkan dengan peristiwa kebakaran hebat yang terjadi, Minggu (10/2) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Akibat peristiwa ini tercatat 11 rumah warga sekitar hangus dilahap si jago merah.

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting melalui Kapolsek Hanau Ipda Prio Amboro ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, peristiwa kebakaran ini terjadi di Jalan Harapan RT.04 RW.01 Desa Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

“Saat kejadian api begitu cepat membesar. Sehingga menghanguskan 11 rumah milik warga,” kata Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting Melalui Kapolsek Hanau Ipda Prio Amboro saat di konfirmasi via WhatsApp, Senin (11/2).

Ia menjelaskan, kejadian bermula pada saat salah satu korban pemilik rumah bernama Sumarni (28) sedang tidur bersama anaknya yang masih berusia 10 tahun.

Tiba-tiba saja korban langsung terbangun dari tidur saat merasa ada benda yang terjatuh dari atas pelapon kamar, dan setelah beberapa saat tempat tidur korban terasa menggigit karena panas.

“Setelah itu, korban langsung melihat kearah pelapon, dan ternyata di atas pelapon tersebut ada api yang sudah membakar terpal pelapon,” katanya.

Mengetahui kejadian itu, korban langsung beranjak dari tidur dan membangunkan anaknya, kemudian keluar dari rumah sambil berteriak untuk meminta pertolongan.

“Korban langsung berlari keluar rumah, lalu meminta pertolongan, namun api dengan cepatnya membakar rumah korban karena rumah korban terbuat dari kayu, dan merambat kerumah lainnya,” ungkapnya.

Sementara saat kejadian kondisi api berhasil dijinakkan petugas pemadam kebakaran setempat bersama warga pada pukul 02.30 WIB, dan hingga saat ini petugas kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan lebih lanjut serta mengumpulkan keterangan dari para saksi terkait kejadian ini. (al)