Home / Metro Palangka Raya / Pemprov Kalteng

Kamis, 14 Februari 2019 - 19:07 WIB

Kalteng Bakal Miliki Rumah Sakit Tipe A

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  Setelah sejumah rumah sakit swasta berdiri di Kota Palangka Raya, nampaknya tekad Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng membangun rumah sakit tipe A dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), bakal terwujud.

Ini setelah Pemprov Kalteng menghadiri paparan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Paparan ini dihadiri Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri, Wakil Ketua dan pimpinan serta anggota Komisi A dan D DPRD Kalteng dalam rangka melakukan Fokus Grup Diskusi dengan PPN/Bappenas, Kemenkeu, Kemendagri dan PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

Keinginan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran membangun rumah sakit tipe A dengan skema KPBU ini, didukung oleh DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dukungan tersebut kita berikan setelah mendengarkan paparan dari Kementerian PPN/Bappenas,” kata Ketua Komisi A DPRD Kalteng Freddy Ering saat dihubungi via telpon seluler, Kamis (14/2/2019).

Baca Juga :  Rayakan Natal, Rektor UPR Gelar Kunjungan Kasih

Menurutnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI turut memberikan penjelasan terkait pembangunan rumah sakit tipe A tersebut.

Diskusi tersebut membahas rencana Gubernur Kalteng membangun rumah sakit tipe A tanpa membebani anggaran daerah. Untuk itu, diskusi tersebut ada satu opsi pembangunannya menggunakan skema KPBU dengan menggandeng PT PII.

“Jadi DPRD Kalteng pada prinsipnya sangat mendukung keinginan Gubernur untuk mendirikan RSU tipe A di Kalteng, dan sangat mendukung skema pembiayaan pola KPBU tersebut karena jaminan kelancaran pelaksanaan dan meringankan dari aspek resiko,” tutur Freddy Ering.

Baca Juga :  Nekat Mencuri Motor Hanya untuk Berpoya Poya

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri memastikan tujuan pembangunan rumah sakit Tipe A, sebagai upaya menyediakan fasilitas sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar lebih semakin baik serta optimal.

Dijelaskannya, keberadaan rumah sakit tipe A itu juga tentunya membuat masyarakat Kalteng tidak perlu berobat ke luar daerah. Sebab, fasilitas dan pelayanan di rumah sakit tipe A yang akan dibangun tidak kalah dengan daerah lain.

“Masyarakat tak perlu jauh-jauh pergi daerah lain, cukup di Kalteng saja, semua bisa dilayani dengan baik. Itu sejalan dengan keinginan dan tekat Gubernur Sugianto Sabran agar pelayanan kesehatan di Kalteng lebih baik dari daerah lain di Indonesia,” ungkap Fahrizal Fitri. (ed)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Disperkimtan Diminta Cari Solusi Penyelesaian Sangketa Tanah

Metro Palangka Raya

14 Warga Palangka Raya Disidang Tipiring

Metro Palangka Raya

Satlantas Razia Sistem Hunting Kendaraan Knalpot Bising

DPRD Kota

Dewan Kota Apresiasi Keberhasilan Polda Ungkap Kasus OTT Pemko

Metro Palangka Raya

Modus Minta Antar, Dua Begal Bawa Kabur Sepeda Motor Pelajar 

Pemprov Kalteng

Forkopimda Kalteng Pantau Rapid Tes Massal Warga Wilayah Calon Food Estate

Metro Palangka Raya

Dukung Terbentuknya Kawasan Perdesaan, DPMD Kalteng Gencarkan Sosialisasi

DPRD Kota

Perlu Perda Standar Komoditas untuk Tekan Inflasi