Ditpolair Gandeng Pelajar Bersihkan Sampah Tepi Pantai

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Peringati Hari Peduli Sampah, Direktorat Polair (Ditpolair) Polda Kalteng Markas Unit (Marnit) Kumai mengandeng para pelajar di Kecamatan Kumai untuk membersihkan sampah di kawasan Pantai Tanjung Penghujan dan Teluk Bogam,Sabtu (16/2/2019). Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni sejak 15 – 16 Februari 2019 ini, juga melibatkan masyarakat setempat.

Kepala Marnit (Kamarnit) Polairud Kumai Brigadir Polisi Tandri menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan berburu sampah di kawasan pantai tersebut, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

‚ÄúPada kegiatan ini kita pilih lokasinya di Pantai Tanjung Penghujan dan Pantai Teluk Bogam, lantaran ditempat ini banyak ditemukan tebaran plastik minuman kemasan dan bungkus makanan serta sampah lainnya,” ungkap Tandri Sabtu (16/2).

Adanya kegiatan ini lanjut dia, diharapkan bisa membuat kawasan pantai menjadi lebih bersih dan cantik, sehingga indah dipandang mata. Karena keberadan sampah plastik ini membutuhkan waktu sangat lama untuk bisa terurai, sehingga bisa mencemari bumi.

“Karena itulah diharapkan kesadaran masyarakat yang berkunjung ke lokasi wisata khususnya ke pantai, agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga kawasan pantai yang merupakan salah satu aset kita ini, bisa terjaga kebersihan dan keindahannya,” pungkasnya. (aro)