Digagas Modern, Pembangunan WFC Tetap Mengacu Budaya Lokal

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pembangunan kawasan water front city (WFC) di Kelurahan Mendawai Kecamatan Arsel, Kabupaten Kotawatingin Barat (Kobar), terus digenjot Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar. Pembangunan yang dimulai sejak 2018 lalu ini, kembali dilanjutkan dengan tampilan desain lebih modern pada tahun 2019 ini.

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah mengatakan, pembangunan tahap selanjutnya program WFC digagas oleh pihak konsultan lebih modern, dengan areal yang dibangun meliputi penyediaan jalan dan kawasan santai sepanjang 120 meter. Pembangunan juga akan diarahkan kepada kelengkapan street furniture berupa pagar, pot bunga dan lampu penerangan sebanyak 6 unit.

“Selain itu di tahap ini, sekaligus juga akan dilengkapi beberapa fasilitas umum, seperti kafe / resto, landmark, river view , dermaga, toilet portable dan bangunan pemadam kebakaran,” kata Nurhidayah.

Ia berharap, dengan kondisi WFC tersebut nantinya bisa berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar. Disamping itu, proses pembangunan WFC di tahap ke-2 ini juga diharapkan nantinya memunculkan ruang baru bagi masyarakat untuk mengakses peningkatan di sektor perekonomian.

“Yang paling utama dari upaya pembangunan ini, bagaimana ini kedepan mampu mendorong geliat perekonomian masyarakat dari segala lini,”ujar Nurhidayah.

Kendati demikian lanjut dia, pembangunan ini tetap mengacu kearifan budaya lokal. Dengan konsep tata kelola lingkungan daerah tepian air secara modern. (aro)