Dewan Desak Instansi Terkait Segera Perbaiki Lampu PJU Mati

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Banyaknya lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam kota Kuala Pembuang yang mati dan tidak berfungsi lagi, menuai sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan. Karena itu dewan mendesak agar lampu PJU yang banyak mati tersebut segera diatasi dengan dilakukan perbaikan.

“Kami sangat menyayangkan sekali atas tidak berfungsinya lampu PJU yang ada di sejumlah ruas jalan dalam kota Kuala Pembuang ini,” kata anggota DPRD Kabupaten Seuyan H. Sutri Asmono, Kamis (21/2).

Tidak menyalanya lampu PJU yang ada di dalam kota ini, lanjut dia, mengakibatkan kondisi yang ada di sekitar ruas jalan menjadi gelap gulita pada malam hari. Tentu saja kondisi seperti ini menyulitkan bagi pengguna jalan, selain penglihatan yang terbatas, juga rawan terjadi kriminilisasi dan laka lantas.

“Banyak yang padam dan bahkan masih belum ada yang dipasang PJU, yaitu disekitar kawasan Jalan Kihajar Dewantara yang bermuara ke jalan utama Jalan A Yani. Padahal dikawasan tersebut banyak permukiman penduduk dan terdapat bangunan sekolah SMP dan SMK,”ujarnya.

Bahkan di kawasan Jalan Patimura yang dulunya masih terpasang PJU, namun setelah adanya pergantian tiang listrik, kini PJU tidak lagi terpasang di lokasi tersebut.

“Karena itu saya minta agar instansi terkait segera mencari solusi terkait masalah ini, agar masyarakat juga bisa menikmati penerangan yang ada di ruas jalan, dan tidak menghalangi jarak pandang pengguna jalan serta meminimalisir adanya tingkat kerawanan,” tandasnya. (al)