Connect with us

DPRD MURUNG RAYA

Dewan Dorong Pemkab Mura Perbaiki Sapras Pendidikan

Published

on

Wakil Ketua I DPRD Mura Likon SH MM saat menerima dokumen RAPBD TA 2019 dari Bupati Mura Drs Perdie MA untuk dilakukan pembahasan beberapa waktu yang lalu.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi A DPRD Murung Raya (Mura) Mariyanto meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, segera memperbaiki sarana dan prasarana (sapras) pendidikan yang rusak.

Pasalnya, ada beberapa fasilitas pendidikan yang mengalami kerusakan dan tidak layak untuk dipakai baik itu fasilitas sekolah maupun rumah dinas guru.

“Saat ini masih banyak sekolah yang kekurangan ruang kelas, terutama untuk Sekolah Dasar (SD) dan hal ini hampir terjadi di seluruh kecamatan,”ungkap Mariyanto kepada Kalteng Ekspres.com Senin (11/2).

Mariyanto menjelaskan, untuk sekolah yang banyak kekurangan ruang kelas tentu harus menjadi perhatian Dinas Pendidikan. Untuk itu, ia meminta agar Dinas Pendidikan aktif melakukan pendataan terhadap jumlah sekolah yang masih kekurangan sarana dan prasarana serta pasilitasnya, sehingga setiap tahun bisa dievaluasi mana yang sudah terpenuhi kekurangannya dan mana yang belum.

“Kita minta supaya pemerintah melalui Dinas Pendidikan agar dapat memperhatikan sekolah yang masih membutuhkan penambahan ruang kelas, karena hal itu tentu sangat mendukung sistem belajar dan mengajar di sekolah dan desa tersebut,” ujarnya.

Politisi PPP ini juga meminta agar pemerintah daerah dapat memperhatikan rumah-rumah dinas guru yang kondisinya sudah memprihatinkan dan sangat perlu untuk dilakukan rehab. Lantaran dari hasil pengamatan pihaknya masih banyak terdapat rumah guru yang sudah lama dan sejak dibangun tidak pernah direnovasi.

“Masih ada beberapa rumah dinas guru yang belum pernah direhab, juga masih banyak aset aset limpahan dari Kabupaten Barito Utara yang kondisinya saat ini sudah tidak layak huni,” beber Wakil Ketua II DPRD Mura ini. (ad)

Advertisement