Connect with us

DPRD MURUNG RAYA

DPRD Mura Dukung Program 1 Desa 10 Sarjana

Published

on

PARIPURNA : Rapat paripurna terkait prnetapan program peraturan daerah tampak dihadiri seluruh anggota DPRD Mura, Senin (4/2).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura),mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Mura, terkait 1 Desa 10 Sarjana. Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Mura Heriyus SE kepada awak media Selasa (5/2).

Heriyus mengatakan, dukungan DPRD Mura terhadap program ini karena sangat bersentuhan dengan masyarakat tidak mampu. Lantaran banyak anak-anak di desa yang ingin melanjutkan sekolahnya hingga ke bangku kuliah, akan tetapi karena terkendala masalah dana dan lain sebagainya. Maka banyak anak-anak di desa terpaksa sekolah hanya sebatas bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

“Saya sudah pernah melihat langsung kondisi masyarakat perdesaan di Murung Raya ini,yang mana masyarakatnya masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan. Kondisi itu mengakibatkan masyarakat Mura sangat sedikit mencetak Sarjana setiap tahunnya,”ungkap Heriyus.

Heriyus menjelaskan, jika ada anak desa yang ingin melanjutkan sekolahnya ke bangku kuliah, terpaksa orang tuanya harus rela menjual kebun/tanah miliknya, bahkan seluruh ternak mereka agar bisa mengkuliahkan anaknya.

“Adanya program 1 Desa 10 Sarjana ini, kita sambut positif, karena setiap orang tua terutama yangingin menguliahkan anaknya tidak perlu lagi menjual kebun/tanah dan ternak mereka, karena seluruhnya akan ditanggung oleh pemerintah daerah. Saya rasa se-Indonesia hanya di kabupaten kita ini program tersebut, digratiskan atau ditanggung pemerintah daerah,”paparnya.

Heriyus berharap dengan adanya program 1 Desa 10 Sarjana ini juga dapat membebaskan daerah ini dari kemiskinan,kebodohan dan keterisolasian (3K), sehingga pada 2030 nantinya Mura Emas benar-benar dapat dirasakan warga Mura. (ad)

Advertisement