Home / DPRD Kota

Rabu, 16 Januari 2019 - 15:44 WIB

Diskominfo Kota Diminta Aktif Tangkal Hoax

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Menjelang pemilihan umum (pemilu) serentak, yakni pemilu legislatif dan pemilu presiden, Anggota DPRD Kota Palangka Raya meminta Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kota Palangka Raya lebih aktif menangkal dan mengimbangi berita hoax di media sosial.

Hal ini diutarakan oleh anggota DPRD Kota Palangka Raya Diu Husain. Menurut dia Diskominfo selaku instansi yang berwenang dalam penyebaran informasi di media sosial harus lebih aktif dan responsif menangkal berita bohong yang masih marak.

Baca Juga :  ASN Harus Melek Teknologi

“Kita berharap menjelang Pileg dan Pilpres 2019, diskominfo harus ikut aktif dan menjadi garda terdepan memerangi dan mangatisipasi penyebaran berita bohong di media sosial,” katanya saat berbincang, Rabu (16/1).

Apalagi, lanjutnya, Diskominfo saat ini sudah memiliki “media center”, untuk lebih aktif berpatroli di media sosial untuk mengingatkan dan menangkal berita Hoax atau yang mengadung ujaran kebencian dan SARA.

“Salah satu contohnya untuk melakukan klarifikasi kepada narasumber utama untuk mencari kebenaran informasi yang sensitif tersebut, bahkan juga bisa bekerjasama dengan pihak kepolisian,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Dorong Pengembangan Sentra Pertanian Terintegrasi

Pada kesempatan itu ia mengharapkan, kepada masyarakat agar semakin waspada dan selektif ketika menerima informasi, bahkan bila perlu tidak sungkan untuk menanyakan langsung kepada yang bersangkutan.

“Masyarakat saat ini harus cerdas dan selektif dalam mengonsumsi berita atau informasi di media sosial, terlrbih bila informasi itu belum jelas sumbernya,” tandasnya. (dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Pemko Palangka Raya Diminta Realisasikan Pokir

DPRD Kota

Dewan Ajak Masyarakat Gaungkan Olahraga

DPRD Kota

Dewan Minta DPUPR Prioritaskan Bangun Jalan Belum Beraspal

DPRD Kota

Dewan Dorong Pemkot Segera Buat Perda Penggunaan Plastik

DPRD Kota

Prioritaskan Guru Honorer Jadi ASN dan P3K

DPRD Kota

DPRD Kota Dorong Perusahaan di Kota Palangka Raya Bayar THR Tepat Waktu

DPRD Kota

Operasi Pasar Penyeimbang Patut Didukung

DPRD Kota

Tiga Buah Raperda Inisiatif Dewan Hampir Rampung