Connect with us

Pemkab Kobar

Pawai Karnaval Warnai Peringatan Hari Pertempuran Kumai

Published

on

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat poto bersama unsur FKPD dan SOPD seusai melepas peserta pawai Minggu (6/1/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Wujud melestarikan sejarah dan menghargai perjuangan para pejuang terdahulu di Kecamatan Kumai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar menggelar Karnaval Peringatan Hari Pertempuran 14 Januari 1946, di kawasan depan Masjid Al Baidho Kecamatan Kumai, Minggu (6/1/2019). Kegiatan ini dilepas langsung oleh Bupati Kobar Hj Nuhidayah.

Bupati mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Kobar guna mengenang perjuangan para pahlawan bangsa.

“Tentunya kita berbangga, salah satu pejuang kita berasal dari Kumai yaitu Panglima Utar, mampu mengobarkan semangat kepahlawanan untuk berjuang melawan para penjajah,” ujar Nurhidayah seusai melapas peserta pawai karnaval.

Pada kesempatan itu ia berharap generasi muda Kobar saat ini agar bisa meneladani  semangat kepahlawanan dari para pejuang dan pahlawan terdahulu, yang rela berjuang demi satu tekad kemerdekaan.

“Kalau dulu, para pejuang kita berjuang melawan penjajah dengan mengangkat senjata atau bertempur. Saat ini bagi kita sebagai generasi penerus juga masih terus melanjutkan perjuangan. Namun caranya berbeda kalau era sekarang yakni dengan cara belajar, bekerja dan berkarya dengan giat agar bisa memberantas kebodohan,” tandasnya.(aro)