Home / DPRD Kota

Senin, 19 November 2018 - 19:02 WIB

Dewan Kota Dorong UMKM Berdayakan Kaum Disabelitas

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa memberdayakan para penyandang disabilitas sehingga bisa berperan menggeluti keberadaan UMKM.

“Tidak sedikit para penyandang disabilitas yang memiliki keterampilan, bakat serta kemauan yang ulet. UMKM dapat turut membantu memberdayakan mereka untuk menggeluti dunia UMKM,”ungkap Neni, Senin (19/11).

Baca Juga :  Dewan Sampaikan Hasil Reses Masing-masing Dapil

Menurut Nenie, dirinya sangat mengapresiasi UMKM yang begitu terbuka merekrut para penyandang disabilitas, dengan memberdayakan bahkan memberikan bimbingan serta pelatihan.

“Ya, saat kegiatan bazar, ada penyandang disabilitas yang direkrut salah satu UMKM. Produk UMKM yang dijual saat itu adalah hasil dari penyandang disabilitas. Ternyata produk dihasilkan para disabilitas itu bagus dan diminati,” terangnya.

Hal inilah menurut dia, menunjukan bahwa para penyandang disabilitas bisa diberdayakan untuk maju, bahkan bisa mandiri meningkatkan pendapatan dan membangun kapasitas dirinya.

Baca Juga :  Inovasi Pembelajaran Perlu Ditingkatkan

Selama ini banyak penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan dan keterampilan, seperti kemampuan melakukan konfeksi, makanan, kerajinan tangan, elektronik maupun mekanik.

Hanya saja mereka memerlukan dukungan dalam hal permodalan maupun pemberdayaan. Termasuk dibekali kemampuan kewirausahaan. (dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Ajak Masyarakat Kelola Pariwisata Kota Cantik

DPRD Kota

Perlu Peremajaan Instalasi Listrik 

DPRD Kota

Dewan Kota Apresiasi Seminar Nasional Pemko dan Tiga Universitas

DPRD Kota

Pemko dan Dewan Sahkan RAPBD 2023, Defisit Rp 27,2 Miliar

DPRD Kota

Dewan Selaraskan Hasil Musrenbang dan Reses 

DPRD Kota

Pelaku Usaha Diminta Pahami SE Gubernur

DPRD Kota

Dinas Terkait Diminta Bersihkan Irigasi

DPRD Kota

Raperda Ini Solusi Atasi Banjir Kota Palangka Raya