Home / DPRD Kota

Selasa, 20 November 2018 - 17:02 WIB

DPRD Kota Sarankan Setiap Wilayah Miliki Satu Produk Unggulan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarammah menilai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya sudah cukup bagus dan berkembang. Karena itu dirinya mendorong setiap wilayah di kota setempat untuk bisa memiliki minimal satu produk unggulan, dengan menyesuaikan potensi yang dimiliki wilayahnya masing-masing.

“Seharusnya setiap daerah memiliki satu produk unggulan, sehingga memiliki satu produk yang bisa menjadi prioritas untuk satu wilayah. sehingga kedepan masing-masing wikayah mempunyai nilai tersendiri, baik perbedaan maupun keunggulan,” katanya, Selasa (20/11).

Baca Juga :  Dewan Dukung Giat Tim Sidak Awasi Penjualan Gas LPG

Misalkan lanjut Mukarramah, untuk kawasan Kereng Bangkirai yang memiliki produksi perikanan tangkap yang melimpah, bisa digunakan dengan memproduksi aneka kerupuk olahan dari ikan ataupun produk lain yang berbahan ikan.

“Begitu juga kawasan wisata Air Hitam bisa dioptimalkan warga dengan membuat aneka pernak pernik keterampilan tangan untuk oleh oleh, berupa gantungan kunci, ataupun aneka kerajinan yang lainnya sesuai dengan tema wisata yang ada,” jelasnya.

Hal serupa juga bisa dilakukan seperti di Kecamatan Bukit Batu yang biasanya memiliki panen buah dan sayur mayur. Bisa diolah untuk kuliner ataupun manisan, sehingga kedepan semua produk unggulan tersebut bisa menjadi daya tarik sendiri-sendiri disetiap wilayah.

Baca Juga :  Dewan Sorot Kondisi Saluran Drainase di Jalan Beliang

“Memang untuk mendorong akan hal itu bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan kesepahaman yang sama. Terutama bagaimana dorongan pemerintah daerah bisa dijalankan. Intinya memang harus juga didukung oleh pemerintah daerah maupun pihak lainnya. Seperti halnya perbankan dalam peningkatan UMKM,”tutupnya. (dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Tekan Inflasi, Dewan Kota Dorong Pengawasan Komoditas Sembako

DPRD Kota

Tujuh Fraksi Sepakati Empat Raperda Baru

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Kinerja Disdukcapil 

DPRD Kota

Dishub Diminta Maksimal Tertibkan Parkir Liar

DPRD Kota

OPD Diminta Siapkan Program Terobosan Baru

DPRD Kota

Dewan Rancang Perda Pengurangan Plastik

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Turut Sukseskan Vaksinasi Booster

DPRD Kota

Maksimalkan PAD Sektor Pajak dan Retrebusi