Home / Kapuas

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 15:32 WIB

Mantap..Kecamatan Bataguh Gelar Upacara HUT RI Bergiliran di Desa-Desa

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com Pemerintah Kecamatan Bataguh bersama unsur tripika kompak bersama masyarakat Desa Terusan melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-73 di lupangan Terusan Karya, Jumat (17/8). Hal ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara bergantian di desa-desa yang ada di daerah setempat.

Camat Bataguh Budi Kurniawan mengatakan, setiap tahun Pemerintah Kecamatan Bataguh melaksanakan peringatan Hut RI secara bergiliran dari setiap desa ke desa. Sehingga menumbuhkan rasa kebersamaan dalam bingkai NKRI dan menyukuri kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-78 tahun.

“Setiap tahun pemerintah Kecamatan Bataguh melaksanakan upacara 17 Agustus secara berhantian desa, dan tahun 2018 ini dilaksanakan di Desa Terusan Karya,”ujar Camat Bataguh Budi Kurniawan, Jumat sore.

Budi sapaan karib camat Bataguh ini menyebutkan, pada tahun 2017, kegiatan upacara Hut RI ke 72 berlangsung di Kelurahan Kupang dan tahun 2019 nanti direncankan di Desa Bangun Harjo.“Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran karenan letak geografis Kecamatan Bataguh bergitu luas,” kata Budi.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan Kapuas Bantu Korban Banjir Kalsel

Di Kecamatan Bataguh, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, sebelumnya dilaksnakan lomba olahraga seperti sepak bola dan bola volly dan didirikan stand PKK yang menjual produk olahan makanan yang higenis serta kerajinan olahan tangan.

Budi menambahkan, tujuan dari kegiatan ini roling ini, agar masyarakat dapat merasakan gelora rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air yang dibangun dan bertumbuh di masyarakat. Salah satu upaya agat masyarakat dapat merasakan suasana peringatan Hut RI, sehingga setiap Desa bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan HUT RI setiap tahunnya.

Baca Juga :  Bakar Satu Hektar Lahan, Seorang Petani di Kapuas Diamankan Polisi

“Kita ingin membangkitkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air bagi masyarakat yang mulai bergeser dan berkurang akibat perkembangan zaman,”tandasnya, serta menambahkan bahwa kegiatan ditutup dengan pertunjukan seni kuda lumping serta artraksi bela diri pencak silat, salah satu kegiatan positif bagi genarasi muda di Desa Terusan Tengah.

Sementara pada kegiatan itu, selain Camat Bataguh Budi Kurniawan, juga hadir Danramil 04 Kota Kapten Arh Abdul Rahman, Wakapolsek Selat IPTU Dalino, Kepala KUA, Kepala UPTD Dinas Pendidikan.

Hadir juga Kapala Desa dari Terusan Karya, Terusan Mulya,Terusan Makmur, Budi Mufakat, Bamban, Lurah Pulau Kupang, Baguntan,Terusan Raya Hulu, juga Lurah Pulau Kupanh, perwakilan Puskesmas, dan damang kepala adat kecamatan Bataguh.(so)

Share :

Baca Juga

Kapuas

Ary Egahni SH : Pilkada Mestinya Berlangsung Damai

Kapuas

Bawa Sabu, Warga Banjarmasin Diringkus Polisi 

Kapuas

Dua Kelotok Tabrakan, Satu Motoris Hilang Tenggelam

Kapuas

Dua Perampok Kapal Dagang Dibekuk Polisi, Satu Tumbang Didor

Kapuas

Bawa Satu Paket Sabu, Mahasiswa diciduk Polisi

Kapuas

Kebakaran Penggilingan Padi Mengakibatkan Kerugian Rp 300 Juta

Kapuas

Bawa 10 Botol Miras, Seorang Pemuda Diciduk Polisi

Kapuas

Sei Hanyo Diamuk Si Jago Merah, Puluhan Rumah Ludes